Disurvei SMRC tak lolos parlemen, Hanura tetap yakin bisa masuk tiga besar parpol

Jumat, 6 Oktober 2017 12:33 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Disurvei SMRC tak lolos parlemen, Hanura tetap yakin bisa masuk tiga besar parpol Dadang Rusdiana. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Wasekjen Partai Hanura Dadang Rusdiana menanggapi hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tentang elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2019. Dalam survei tersebut, Partai Hanura tidak lolos parlementary threshold karena elektabilitasnya di bawah 3,5 persen.

Menurut Dadang, elektabilitas partainya sangat dinamis dan tidak bisa diduga-duga. Karena itu, dia yakin di akhir tahun elektabilitas partainya mampu melampaui angka 5 persen.

"Jadi sesuai target Ketua umum kami, yang juga dikenal memiliki jaringan yang luas dan memiliki potensi strategis lainnya, maka elektabilitas itu bisa mendorong Hanura ke posisi tiga besar sesuai target," kata Dadang ketika dihubungi merdeka.com, Jumat (6/10).

Dia mengatakan, setelah nanti selesai mendaftarkan diri ke KPU, pihaknya memiliki jurus jitu untuk perkuat partai. Mulai dari basis struktur, kader maupun simpatisan. Namun Dadang belum bisa memaparkan lebih lanjut jurus jitu untuk meningkatkan elektabilitas partainya. "Tentunya tidak bisa dibuka ke publik," imbuh dia.

Untuk diketahui, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya tentang elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2019. Survei digelar pada 3-10 September 2017. Jumlah responden 1.220 dan dipilih secara acak (multistage random sampling).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat elektabilitas tertinggi yakni 27,1 persen. PDIP jauh meninggalkan Partai Golkar yang berada di urutan kedua dengan elektabilitas 11,4 persen. Di urutan ketiga, Partai Gerindra dengan keterpilihan 10,2 persen. Partai Demokrat di urutan ke empat dengan elektabilitas 6,9 persen.

"Sementara partai-partai lain belum terlihat peningkatan. Cenderung stagnan kalau dibaca secara optimis, dan mengalami kemunduran bila hanya membaca angka survei itu (tidak dikurang atau ditambah margin of error)," ujar Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan, Kamis (5/10).

Menariknya, ada dua partai yang tak lolos parlementary threshold karena elektabilitasnya di bawah 3,5 persen. Mereka adalah NasDem dan Hanura.

Berikut hasil lengkap survei SMRC terkait elektabilitas partai politik:

1. PDIP 27,1 persen

2. Golkar 11,4 persen

3. Gerindra 10,2 persen

4. Demokrat 6,9 persen

5. PKB 5,5 persen

6. PKS 4,4 persen

7. PPP 4,3 persen

8. PAN 3,6 persen

9. NasDem 2,4 persen

10. Perindo 2,0 persen

11. Partai yang dipimpin Jokowi 1,6 persen

12. Hanura 1,3 persen

13. PBB 0,1 persen

14. PKPI 0,1 persen

15. Partai Idaman 0 persen

16. PSI 0 persen

17. Lainnya 0,3 persen

Tidak tahu atau tidak menjawab 18,8 persen [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2019
  2. Hanura
  3. Jakarta
  4. Survei
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini