Dipanggil ke Istana, Suharso Diminta Jokowi Atasi Jebakan Pendapatan Kelas Menengah

Selasa, 22 Oktober 2019 12:51 Reporter : Supriatin
Dipanggil ke Istana, Suharso Diminta Jokowi Atasi Jebakan Pendapatan Kelas Menengah Suharso Monoarfa di Istana. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa turut dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara, Jakarta Pusat. Ia mengaku diminta Jokowi untuk mengatasi permasalahan middle income trap.

"Masih ingat pidato presiden setelah dilantik pada hari minggu yang lalu kalimat pertama itu mengenai middle income trap, jadi bagaimana Indonesia bisa lepas dari tingkat pendapatan menengah yang rendah ini," kata Suharso kepada wartawan usai bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (22/10).

"Ada satu istilah yang umum dipakai yang disebut middle income trap di negara-negara di dunia baik ADB, IMF WB untuk mengkategorikan negara-negara itu di mana dan juga mengukur sebuah negara A terhadap negara B, dalam pidato itu terang benderang langkah apa yang dilakukan presiden utk hindari masuk jebakan tapi sesungguhnya kita masuk ke middle income trap," jelasnya.

Untuk itu, ia mengaku diminta Jokowi menyiapkan road map yang nanti akan dipresentasikan dalam sidang perdana kabinet jilid III.

"Presiden meminta saya untuk menyiapkan road map bahkan waktu dekat mempresentasikan dalam sidang kabinet perdana dan untuk menjelaskan kepada kabinet mengenai hal itu dan selebihnya membicarakan tentang ekonomi secara umum keadaan ekonomi global dan tentang ketenagakerjaan, industri, dan tentang riset teknologi, inovasi dan lainnya," ungkapnya.

Selain itu, Suharso dan Jokowi juga membahas terkait pemindahan ibu kota. "Tadi juga membahas (pemindahan ibu kota). Presiden ingin dibentuk segera badan otorita ibu kota baru pada akhir tahun ini," katanya. [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini