Dipanggil Jokowi ke Istana, Purnomo Diberitahu PDIP Pilih Gibran di Solo

Kamis, 16 Juli 2020 23:39 Reporter : Arie Sunaryo
Dipanggil Jokowi ke Istana, Purnomo Diberitahu PDIP Pilih Gibran di Solo Bakal calon Wali Kota Solo Achmad Purnomo. ©2020 Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - PDIP bakal mengumumkan sejumlah calon kelapa daerah di Pilkada 2020, Jumat (17/6). Jelang pengumuman itu, bakal calon walikota Solo Achmad Purnomo bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana, Kamis (16/7).

Dalam pertemuan itu, Jokowi membocorkan, siapa calon PDIP di Pilkada Solo. Sekedar informasi, Purnomo dan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka tengah berebut rekomendasi dari PDIP.

"Iya, tadi saya di istana juga diberitahu oleh pak Jokowi, kalau yang dapat rekomendasi Gibran sama Teguh. Gi-Guh, saya bilang Giguh. Bukannya Puguh (Purnomo-Teguh) tapi Giguh,” ujar Purnomo saat dihubungi wartawan, Kamis (16/7).

Namun Purnomo mengaku tidak sakit hati atas keputusan PDIP. Meskipun sejak awal, Purnomo yang mendapat rekomendasi dari DPC PDIP Solo. Namun Gibran mendaftar lewat DPD PDIP Jateng.

Jokowi, kata Purnomo, mendapatkan informasi tersebut dari utusan DPP PDIP.

“Nggak apa, dari dulu saya kan sudah menduga akan ke arah itu. Sikonnya begitu kok,” katanya.

1 dari 1 halaman

Purnomo menganggap wajar jika DPP memilih Gibran. Selain putra presiden, suami Selvi Ananda itu juga masih berusia muda. Sedangkan dirinya sudah tua. Menurut Purnomo, dirinya hanya bisa menebak-nebak yang belum tentu benar.

“Pertimbangan DPP apa ya saya nggak tahu. Yang diberi rekomendasi mas Gibran pertimbangannya DPP kan lebih pintar,” katanya.

Purnomo menyampaikan dirinya ke Jakarta hari ini bukan mendapat undangan atau bertemu ketua DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, namun dipanggil presiden. Usai bertemu Jokowi ia mengaku langsung kembali ke Solo.

“Saya nggak dipanggil bu Mega. Saya dipanggil presiden kok. Dipanggil pak Jokowi langsung. Tadi pagi bertolak dari Solo naik pesawat langsung ke Jakarta. Lha pulang nggak ada pesawat ke Solo atau Yogya. Adanya ke Semarang, lha ini ke Semarang,” katanya.

Sebelumnya Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengemukakan kepergian Achmad Purnomo ke Jakarta untuk mengurus proyek Masjid Taman Sriwedari yang belum selesai dibangun. [rnd]

Baca juga:
Jelang Rekomendasi, Ratusan Kader PDIP Solo Deklarasi Dukung Gibran
Sebelum Turun Rekomendasi Pilkada Solo, FX Rudy dan Purnomo Bertemu Jokowi
Jelang Pengumuman, Gibran Minta Didoakan Dapat Rekomendasi di Pilkada Solo
Kasus Covid-19 di Solo Melonjak, KPU Tetap Gelar Tahapan Pilkada
PDIP Umumkan Calon Kepala Daerah pada 11-18 Juli, Termasuk Nasib Gibran & Bobby
Rekomendasi PDIP di Pilkada Solo akan Diumumkan Virtual, Gibran dan Teguh Diundang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini