Dilantik, Konsul Kehormatan RI Untuk Republik Gambia

Senin, 17 Juli 2006 15:24 Sumber :
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Duta Besar RI untuk Senegal, Ahzam B Razif baru-baru ini melantik Lamin B Gaye sebagai Konsul Kehormatan RI untuk Republik Gambia, demikian siaran pers dari KBRI Dakar Senegal, Senin.

Disebutkan, acara pelantikan itu dilaksanakan tanggal 13 Juli 2006 pada jam 10.00 waktu Senegal, bertempat di aula pertemuan KBRI Dakar. Pada kesempatan itu Dubes Ahzam secara resmi menyampaikan Surat Tauliah Presiden RI Dr Susilo Bambang Yudhoyono kepada Lamin B Gaye tentang pengangkatan yang bersangkutan sebagai Konsul Kehormatan RI untuk Gambia.

Kepala Perwakilan RI untuk Senegal itu juga menyampaikan bahan-bahan pendukung kegiatan operasional kantor Konsulat Kehormatan RI di Banjul Gambia yang meliputi dua buah bendera merah putih untuk halaman kantor Konsulat Kehormatan RI, dua bendera untuk ruangan dalam kantor, dan dua bendera untuk kendaraan dinas Konsul Kehormatan RI.

Selain itu diserahkan pula empat buah stempel resmi kantor Konsulat Kehormatan dan Konsul Kehormatan RI berlogo burung Garuda dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia serta sepasang foto Presiden dan Wakil Presiden RI serta sebuah lambang negara RI berlogo burung Garuda dan kalender Deplu RI tahun 2006.

Dubes Ahzam juga menyampaikan copy Keputusan Menteri Luar Negeri RI Nomor 09/OR/OI/91/OI Tahun 1991 tentang Pedoman Umum Pengangkatan dan Tata Kerja Konsul Kehormatan beserta terjemahan tidak resminya kepada Lamin B Gaye selaku Konsul Kehormatan RI untuk Gambia.

Sementara itu Lamin B Gaye dalam kesempatan yang sama menyerahkan lembar copy persetujuan dari Pemerintah Gambia untuk dirinya dalam kapasitas dia sebagai Konsul Kehormatan RI untuk Republik Gambia kepada Dubes RI untuk Senegal.

Seusai pelantikan, acara dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah antara keluarga besar KBRI Dakar, termasuk jajaran pengurus Dharma Wanita Persatuan KBRI Dakar dengan Konsul Kehormatan RI untuk Gambia.

Disebutkan pula, pelantikan Konsul Kehormatan RI untuk Republik Gambia itu merupakan momentum klimaks dari upaya yang telah dirintis oleh KBRI Dakar dalam waktu dua tahun terakhir guna merealisasikan pembentukan lembaga kantor Konsulat Kehormatan RI untuk Gambia.

Keberadaan Konsulat Kehormatan RI di Gambia itu sendiri dirasakan sangat penting dalam kapasitasnya sebagai sambung tangan KBRI Dakar, khususnya dalam konteks pelaksanaan misi perwakilan yang di dalamnya mencakup beberapa aspek misi penting, termasuk misi perlindungan WNI di wilayah akreditasi.

Dalam peranannya sebagai pintu gerbang ekonomi dan perdagangan menuju pangsa pasar Afrika Barat, Gambia yang berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa memainkan peranan strategis untuk kepentingan penetrasi produk ekspor Indonesia ke pangsa pasar negara-negara Afrika Barat.

Ditinjau dari sudut potensi pangsa pasar ketenagakerjaan, Gambia juga telah menjadi salah satu negara tujuan pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri.

Saat ini terdapat sebanyak empat tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia (Jawa Timur) yang bekerja di negara kecil bekas koloni Inggris itu. (*/cax)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini