Diisukan mundur dari Pilgub Jatim, Azwar Anas bicara soal pembunuhan karakter

Jumat, 5 Januari 2018 08:36 Reporter : Rizky Andwika
Diisukan mundur dari Pilgub Jatim, Azwar Anas bicara soal pembunuhan karakter Bupati Abdullah Azwar Anas. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dikabarkan mengundurkan diri sebagai bakal calon wakil gubernur yang berdampingan dengan Saifullah Yusuf di Pilgub Jawa Timur. Anas angkat suara terkait isu mundur tersebut, dia menganggap ada proses pembunuhan karakter terkait polemik pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. Termasuk, teror yang kerap diterima dirinya dan keluarga.

"Jadi terkait apa yang jadi desus-desus itu, saya sudah biasa. Perlakuan yang sama persis seperti ini sudah saya terima sejak tahun kedua menjabat ketika saya menerapkan sejumlah kebijakan, seperti pelarangan pasar modern, memperjuangkan saham bagi rakyat di sektor pertambangan, dan sebagainya. Bahkan, saya dilaporkan melakukan kriminalisasi kebijakan karena kebijakan-kebijakan tersebut," kata Anas melalui keterangan tertulis, Jumat (5/1).

Selama menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Anas mengaku ada pihak yang mencegahnya mengambil kebijakan tertentu. Namun, dia mengaku tak menghiraukan dan tetap bekerja sebagai orang nomor satu di Kabupaten Banyuwangi.

"Bahkan saya juga dikirimi macam-macam gambar di masa lalu untuk mencegah saya mengambil kebijakan-kebijakan tertentu. Tapi kan saya tetap lanjutkan apa yang baik bagi orang banyak," ujarnya.

Anas menilai membangun daerah memang bukan suatu hal yang mudah. Penuh risiko di dalamnya. Namun, meski begitu dia mengatakan selama menjabat, telah banyak perubahan yang dihasilkan di Banyuwangi.

"Tapi karena dukungan penuh masyarakat, kemudian terbukti banyak perubahan di Banyuwangi. Ya ini saya anggap sebagai risiko lah, apapun yang datang menghadang untuk kebaikan banyak orang seperti program Rantang Kasih yang memberi makanan bergizi tiap hari ke lansia, program uang saku tiap hari bagi pelajar miskin dan sebagainya, ya itu sudah biasa kita hadapi jika ada yang menyerang terkait momen politik," tukasnya.

Seperti diketahui, jelang pendaftaran yang kurang beberapa hari lagi, suhu politik di Jawa Timur memanas. Tersiar kabar Azwar Anas diisukan dievaluasi dari partai pengusungnya, PDI Perjuangan.

Mengenai hal tersebut, Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang menjadi pasangan Abdullah Azwar Anas mengaku, masih fokus, dan sesuai dengan rencana. Karena, pria akrab dipanggil Gus Ipul tersebut tidak ingin berspekulasi mengenai isu yang tersebar.

"Biar nanti yang menjelaskan Mas Anas sendiri," kata Gus Ipul dalam keterangannya kepada wartawan, di rumah makan Surabaya, Kamis (4/1) malam.

Saat disinggung mengenai isu apa yang sampai Anas dikabarkan akan mengundurkan diri? Gus Ipul mengaku tidak mengetahui. Dia mengaku, kalau komunikasi dengan pasangannya Azwar Anas terakhir dua hari lalu melalui WA (WhatsApp) ingin bertemu dan akan menyampaikannya sendiri.

"Iya nanti saya (Azwar Anas) ingin ketemu, akan saya (Azwar Anas) jelaskan," kata Gus Ipul menirukan pesan singkat komunikasinya dengan Azwar Anas.

Saat ditanya mengenai keberadaan Azwar Anas, Gus Ipul sendiri masih belum mengetahui. Karena dia selama ini, dalam beberapa hari terakhir komunikasi hanya melalui WA.

Gus Ipul sendiri juga mengaku, dari maraknya isu yang beredar. Dia juga dipanggil sejumlah para kiai untuk dilakukan klarifikasi, beberapa hal. "Tetapi, tentu saya tidak bisa menjawab. Karena yang bisa menjawab mengenai isu itu Mas Anas," katanya. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini