Didukung Seluruh Pengurus DPD, Megawati Diyakini Bakal Jadi Ketum PDIP Lagi

Selasa, 25 Juni 2019 11:54 Reporter : Ahda Bayhaqi
Didukung Seluruh Pengurus DPD, Megawati Diyakini Bakal Jadi Ketum PDIP Lagi Megawati buka rakor PDIP. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Megawati Soekarnoputri hampir dipastikan bakal kembali memimpin PDI Perjuangan. Sebab, suara kader di daerah mendukung putri Proklamator Soekarno itu tetap menjadi ketua umum partai banteng moncong putih.

Menurut Ketua DPD PDIP DKI Jakarta, Adi Wijaya, semua ketua dewan pimpinan daerah se-Indonesia menyatakan dukungan agar Megawati kembali memegang tongkat kepemimpinan partai. Hal itu pernah disampaikan dalam Rakernas IV di DPP PDIP pekan lalu. Dalam agenda tersebut, turut hadir Megawati juga Presiden Joko Widodo.

"Ketua-ketua DPD PDI Perjuangan se-Indonesia waktu Rakernas sudah menyatakan sikap dan keputusan bahwa kami semua mendukung kembali ibu Megawati Soekarnoputri menjadi ketua umum PDI Perjuangan periode 2019-2024," ujarnya kepada wartawan, Selasa (25/6).

Kader PDIP di daerah menyampaikan aspirasi terkait nama calon ketua umum melalui rapat kerja daerah (Rakerda). Agenda itu digelar dalam rentang waktu setelah Rakernas kemarin sampai sebelum Kongres V.

Beberapa pengurus daerah sudah menyatakan dukungan agar Megawati Soekarnoputri menjadi ketua umum PDIP. Seperti PDIP Yogyakarta yang menyatakan dukungan pada Jumat, 21 Juni lalu. Menyusul berikutnya, PDIP Jawa Timur dan Bengkulu.

Salah satu pengurus PDIP provinsi di Sumatera juga menyatakan akan kembali mendukung Megawati. Ketua DPD Sumatera Barat Alex Indra Lukman mengatakan, Rakerda baru akan digelar 26 Juni besok. Namun, dipastikan akan memutuskan mendukung Megawati sebagai ketua umum. Aspirasi kader sudah dia serap karena mengetahui Kongres V dipercepat.

"Sehingga sudah menyampaikan aspirasi kepada kami bahwa menginginkan Ibu Hj DR HC Megawati Soekarnoputri Puti Reno Nilam untuk berkenan memimpin kami semua sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan 2019-2024," ucapnya.

PDI Perjuangan akan menggelar Kongres V untuk memilih ketua umum pada 8 Agustus 2019. Kongres tersebut dipercepat dari sedianya digelar pada 2020. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini