Di Tengah Pandemi Covid-19, Gibran Terus Blusukan Berbagi Sembako

Senin, 11 Mei 2020 18:44 Reporter : Arie Sunaryo
Di Tengah Pandemi Covid-19, Gibran Terus Blusukan Berbagi Sembako Gibran Blusukan Berbagi Sembako. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 masih berlangsung namun bakal calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka terus melakukan blusukan. Hari ini, Senin (11/5) putra sulung Presiden Joko Widodo itu menyambangi sejumlah kampung. Di antaranya Kampung Jagalan, Purwodiningratan, Relokasi Mertoyudan Mojosongo dan Kampung Gumunggung.

Di 4 titik tersebut, Gibran yang mengenakan kaos putih bergambar Didi Kempot, membagikan total 325 paket sembako untuk warga yang membutuhkan. Menurut Gibran, aksi sosial tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

"Proses penyaluran bantuan yang kita lakukan tidak menimbulkan kerumunan. Para relawan sudah memiliki data penerima. Jadi distribusi sembako langsung ditujukan ke masing-masing rumah penerima," katanya.

Gibran mengaku, warga sangat antusias mendapatkan bantuan tersebut. Banyak doa yang ia dapatkan, khususnya dari para lansia. Doa doa tersebut kemudian dibalasnya dengan amin, dan doa yang ia panjatkan balik untuk mereka.

Saat ia menyusuri gang sempit di RT 3 RW 15, Jagalan, langkahnya sempat terhenti, setelah bertemu Sutino. Kakek berusia 96 tahun dengan baju koko itu kemudian terlibat perbincangan dengan ayah Jan Ethes.

"Sebelum saya meninggal, saya mau doakan Mas Gibran, tulus. Semoga Mas Gibran sukses jadi Wali Kota, Matur suwun atas bantuanipun," ujar Gibran menirukan ucap pria yang juga marbot masjid itu.

Gibran pun mengaminkan doa Mbah Sutino. Keduanya berbincang hangat. Gibran lantas menanyakan keseharian Mbah Sutino. Diketahui Sutino saat ini hidup sendiri setelah istri dan anak angkatnya pulang ke Ponorogo, Jawa Timur. Sementara ia sendiri tidak memiliki anak kandung.

"Mbah Sutino pengen kapan-kapan ngundang saya datang ke pengajian di masjid beliau," pungkas dia.

1 dari 1 halaman

Bagikan 8.000 Masker Bantuan Puan Maharani

Selain membagikan sembako, Gibran juga membagikan 8.000 masker bantuan dari Ketua DPR Puan Maharani di sejumlah wilayah di Kota Solo, Senin (11/5). Dari jumlah tersebut 6.000 merupakan masker non medis dan sisanya masker medis.

"Alhamdulillah saya mendapat amanah dari Mbak Puan Maharani untuk membagikan masker untuk saudara-saudara di Kota Solo yang membutuhkan," ujar putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Menurut bakal calon wali kota Solo dari PDIP itu, bantuan tersebut sangat berguna di masa pandemi Covid-19 seperti ini. "Insya Allah bantuan Mbak Puan ini sangat bermanfaat untuk menanggulangi wabah Covid-19 di Kota Solo," tuturnya.

Gibran menjelaskan, penyaluran masker pada hari ini tersebar di kampung Jagalan, Purwodinigratan, Relokasi Mertoudan Mojosongo dan Kampung Gumunggung, Solo. Masyarakat, dikatakannya antusias menerima bantuan anggota DPR RI asal Dapil V Jawa Tengah itu.

Selain untuk warga umum, Gibran bersama relawan juga menyalurkan masing-masing 200 masker non medis ke anak ranting/sesepuh PDIP wilayah.

"Per hari ini sudah 800 masker yang kita bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Penyaluran masker akan kita lanjutkan pada hari berikutnya ke sebaran wilayah yang lain," pungkas dia. [bal]

Baca juga:
Sowan ke PCNU Surakarta, Gibran Didoakan Jadi Wali Kota Solo Pengayom
Kenang Didi Kempot, Gibran Ajak Dory Harsa Bagi-Bagi Sembako
Gibran sebut Presiden Jokowi Tidak Mudik ke Solo
Achmad Purnomo Mundur, PDIP Pasti Usung Gibran di Solo?
Purnomo Pilih Mundur, Gibran Maju Terus di Pilkada Solo
Potret Kedekatan Gibran dan Ethes Saat #DiRumahAja, Temani Belajar Sambil Bekerja

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini