Di Surabaya, Jokowi Singgung Indonesia Punah hingga Tempe Setipis ATM

Minggu, 3 Februari 2019 06:40 Reporter : Merdeka
Di Surabaya, Jokowi Singgung Indonesia Punah hingga Tempe Setipis ATM Jokowi bertemu ulama se-Jateng. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Capres petahana Joko Widodo atau Jokowi menyinggung soal Indonesia Punah hingga tempe setipis ATM saat berkampanye di Surabaya, Jawa Timur. Jokowi mengajak masyarakat untuk tetap optimis.

Hal ini dikatakan Jokowi saat menghadiri acara deklarasi dukungan dari Forum Alumni Jatim di Tugu Pahlawan Surabaya Jawa Timur, Sabtu (2/2). Kepada para pendukungnya, Jokowi memastikan prediksi Indonesia bubar di tahun 2040 tidak akan terjadi.

"Jangan sampai ada yang mau ngomong lagi Indonesia akan bubar 2040. Jangan sampai ada lagi yang ngomong Indonesia akan punah, tidak. Kita harus menata ke depan dengan rasa optimisme yang tinggi," ujar Jokowi di lokasi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyindir soal selang cuci darah yang dipakai 40 kali, tempe setipis ATM, dan kasus hoaks Ratna Sarumpaet yang dilontarkan kubu Prabowo-Sandiaga. Jokowi mengatakan bahwa saat ini masyarakat Indonesia sudah cerdas memilah yang benar dan hoaks.

"Jangan ada ngomong lagi nanti selang darah dipakai 40 kali. Jangan sampai ada ngomong lagi tempe setipis ATM. Jangan sampai ada ngomong lagi muka lebam-lebam dipukuli dan dianiaya, padahal operasi plastik," kata dia.

Jokowi mengaku heran dengan hoaks yang dibuat oleh Ratna Sarumpaet. Dia menyebut hoaks itu untuk diarahkan kepadanya.

"Ini bonyok kabeh, bonyok semuanya. Ini mau diarahkan ke mana sebetulnya? Mau diarahkan ke saya, bahwa yang menganiaya itu adalah kelompoknya 01. Mau diarahkan ke saya," ucapnya.

Dia mengajak seluruh pendukungnya untuk meluruskan hoaks-hoaks yang tersebar di media sosial. Salah satunya yang menyatakan bahwa Jokowi merupakan kader Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Sebagai intelektual saya yakini arek-arek Surabaya dan arek-arek Jawa Timur pasti wani," tutur Jokowi.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini