Desmond Gerindra: Jokowi Endorse Ganjar, Erick Thohir dan Sandiaga

Selasa, 20 September 2022 19:25 Reporter : Ahda Bayhaqi, Nur Habibie
Desmond Gerindra: Jokowi Endorse Ganjar, Erick Thohir dan Sandiaga Jokowi dan Ganjar Pranowo Joging Bareng. ©jatengprov.go.id

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Desmond J Mahesa mengungkapkan, Presiden Joko Widodo mengendorse sejumlah tokoh untuk Pilpres 2024. Dia menyebutkan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menparekraf Sandiaga Uno.

"Ya kalau Jokowi kan mengendorse siapa saja Ganjar, Erick Thohir, pak Sandiaga," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9).

Sementara itu, Desmond merasa tidak begitu berpengaruh dukungan Jokowi ke Prabowo sebagai calon presiden. Pihaknya tidak masalah Prabowo tidak dapat dukungan Jokowi.

"Penting tidak penting kita lihat saja nanti. Kalau didukung syukur kalau enggak didukung juga enggak ada masalah. Karena harapannya kita berbuat yang terbaik untuk bangsa ini," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, hubungan antara Prabowo Subianto dengan Joko Widodo (Jokowi) terlihat sangat baik dan mesra. Namun, hubungan ini hanya sebatas antara seorang presiden dengan menterinya.

"Hubungan Pak Jokowi dan Pak Prabowo terlihat terkesan sangat baik, terlihat terkesan sangat mesra," kata Muzani kepada wartawan.

"Saya melihatnya bahwa hubungan antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo yang sering terekspose dalam pemberitaan, lebih merupakan hubungan antara presiden dan pembantunya," sambungnya.

Dia menjelaskan, kemesraan antara Prabowo dan Jokowi karena memang sebatas hubungan dalam melakukan suatu kegiatan. Jokowi memang terlihat beberapa kali didampingi Prabowo ketika kunjungan ke daerah.

"Dalam arti presiden merasa ada keperluan pembantunya mendampingi dalam melakukan kegiatan, dan presiden kita ini kan kadang-kadang sering melakukan kegiatan-kegiatam diluar jalur protokol, dan itu dilakukan oleh presiden sejak periode pertama sampai sekarang," jelasnya.

"Sehingga misalnya presiden ke pasar menemui rakyat langsung, dan seterusnya itu dilakukan presiden bukan saja pada pembantunya, bahkan dengan ketua partai pun dilakukan," sambungnya.

Kemudian, kata Muzani, kebersamaan Jokowi bersama Prabowo dalam beberapa kesempatan dianggap sebagian orang sebagai bentuk dukungan di Pilpres 2024.

"Kebetulan yang beberapa kali terekspose dengan Pak Prabowo. Pak Prabowo adalah calon presiden dari Partai Gerindra yang sudah dideclare, dan kemudian spekulasi orang menganggap ini dukungan," sebutnya.

2 dari 2 halaman

Jokowi belum secara gamblang mengumumkan dukungan terhadap calon Presiden untuk Pemilu 2024. Namun, dia mempersilakan bila para pembantunya di kabinet ingin maju menjadi Capres.

Di depan relawan, eks Gubernur DKI Jakarta ini menyarankan agar tidak terburu-buru menentukan dukungan.

Pesan itu disampaikan dalam kegiatan Musyawarah Rakyat (Musra) I Jawa Barat di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/8). [ray]

Baca juga:
Sandiaga Masuk Bursa Capres PKS, Dasco: Tinggal Pilih Mau Tetap di Gerindra atau PKS
Puan Maharani Setujui Pembentukan Dewan Kolonel
Gerindra Ungkap Ada Upaya Jegal Prabowo Nyapres
Anies Baswedan Gelar Silaturahmi dengan 59 Ormas di Rumah Dinas
Johan Budi Inisiasi Dewan Kolonel Pendukung Puan Maharani Capres

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini