Demokrat Usul Polri, Kejaksaan dan Kemenkum HAM Gelar TWK

Senin, 7 Juni 2021 13:30 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Demokrat Usul Polri, Kejaksaan dan Kemenkum HAM Gelar TWK Benny K harman. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat, Benny K Harman mengusulkan Polri, Kejaksaan dan Kementerian Hukum dan HAM membuat Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Menurutnya, tiga lembaga tersebut juga perlu membuat TWK seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya mengusulkan pak ketua kepada mitra kerja, kepolisian, kejaksaan dan Kumham, saya sangat senang ada TWK. Tes wawasan kebangsaan di KPK. Kalau boleh, di kejaksaan kepolisian dan Kumham juga dilakukan hal yang sama dan juga harus ada anggarannya di sini. Kalau bisa," katanya dalam rapat di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/6).

Menurutnya, TWK untuk Polri, Kejaksaan dan Kementerian Hukum dan HAM bukan bukan untuk memecat atau memberhentikan pegawai, atau dasar suka dan tidak suka. Tetapi dalam rangka menjalankan fungsi pegawai secara profesional.

"Supaya ada militansi. Saya tidak melihat ada di sini. Atau mungkin saya tidak menangkap. Saya dengar tadi tidak satu pun kata muncul ada agenda untuk TWK sebagai bagian dari pembinaan," jelasnya.

Benny pun teringat agenda Presiden Joko Widodo soal reformasi mental. Menurutnya, agenda itu perlu dijalankan di tiap lembaga.

"Dulu kalau tidak salah itu bagian dari agenda reformasi kultural di setiap institusi yang kemudian bapak Jokowi melanjutkan itu dengan reformasi mental. Ini yang saya lihat tidak muncul lagi. Tolong itu dimasukkan kalau bisa," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini