Demokrat Ungkap Alasan SBY Beri Tongkat Komando ke AHY Ketimbang Ibas

Jumat, 1 Maret 2019 16:20 Reporter : Sania Mashabi
Demokrat Ungkap Alasan SBY Beri Tongkat Komando ke AHY Ketimbang Ibas AHY dan Ibas. ©Instagram Ani Yudhoyono

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah secara resmi menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga Kogasma Partai Demokrat. Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto ungkap alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas yang lebih dulu berkecimpung di dunia politik.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan mengatur ritme.

"Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya," kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

"Dan Mas Ibas sendiri strategi campaign soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY," ungkapnya.

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

"Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting," kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, JakartaPusat, Kamis (28/2). [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini