Demokrat Tetap Dorong AHY Maju di Pilpres 2024, Pertimbangkan Opsi Cawapres

Senin, 3 Oktober 2022 16:20 Reporter : Merdeka
Demokrat Tetap Dorong AHY Maju di Pilpres 2024, Pertimbangkan Opsi Cawapres Rapimnas Partai Demokrat di JCC. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra memastikan, partainya tetap mendorong ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju dalam Pilpres 2024. Terkait posisinya, dia mengatakan, hal itu dapat disesuaikan.

“Ya kalau dari internal kami, Demokrat menginginkan AHY maju di Pilpres. Tapi maju bisa jadi calon presiden (atau) calon wakil presiden,” katanya di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

Dia menerangkan, partainya saat ini realistis dengan hanya bermodal 9,36 persen kursi di Parlemen. Padahal, syarat ambang batas mengusung calon presiden dan wakil presiden harus mengantongi minimal 20 persen.

2 dari 2 halaman

Artinya, Zaky mengungkapkan, Demokrat tentu membutuhkan rekan koalisi agar dapat mengusung calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

“Sehingga tentu kita akan komunikasi dengan teman-teman yang akan menjadi mitra koalisi, nanti (dipilih) mana calon terbaik. katakanlah dengan Nasdem, dengan temen PKS kita lihat nanti kita akan usung capresnya siapa,” jelasnya.

Soal NasDem yang telah mengusung Anies Baswedan sebagai calon presidennya, Herzaky memastikan partainya menghormati keputusan tersebut sebagai langkah kemandirian partai yang berdaulat dan tidak boleh diintervensi.

“Kami sangat seneng menyambut baik apa yang dilakukan Nasdem hari ini karena mengupayakan independensi dan kemandirian Nasdem,” tutupnya.

Reporter: M Radityo/Liputan6.com

Baca juga:
Demokrat: Anies dan AHY Kalau Bertemu Seperti Dua Pendekar
Dukung Pencapresan Anies, Demokrat: Selaras dengan Nilai Partai
MA Tolak Kasasi Moeldoko Terkait Hasil KLB Demokrat Deli Serdang
Usung Anies Capres, Surya Paloh: InsyaAllah Demokrat-PKS Menyatu Bersama NasDem
PDIP Sulit Jawab Kapan Puan Maharani Bisa Bertemu AHY
Demokrat Tegaskan Urusan Koalisi dan Capres Berada di Tangan SBY
Tak Ingin Berpaling, Demokrat Fokus Bangun Koalisi dengan NasDem-PKS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini