Demokrat Sudah Duga Kaesang akan Ikuti Jejak Gibran Terjun ke Politik

Rabu, 25 Januari 2023 15:57 Reporter : Ahda Bayhaqi
Demokrat Sudah Duga Kaesang akan Ikuti Jejak Gibran Terjun ke Politik Kaesang Pangarep. ©2020 Merdeka.com/Instagram @kaesangp

Merdeka.com - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani sudah menduga putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep akan terjun ke dunia politik. Ia duga Kaesang juga akan mengikuti jejak Gibran Rakabuming.

"Kami menghormati dan menyambut baik jika nanti Kaesang putra bungsu Pak Jokowi juga akhirnya memilih berkecimpung di dunia politik. Melihat Kakaknya Gibran dan Kakak Iparnya Bobby Nasution yang telah lebih dulu masuk ke dunia politik, publik sebenarnya telah menduga dan tinggal menunggu waktu saja bahwa Kaesang pun akan demikian," ujar Kamhar kepada wartawan, Rabu (25/1).

Menurut Kamhar, wajar Kaesang berubah sikap ketika pernah menyampaikan tidak tertarik ikut berpolitik. Kaesang dinilai telah banyak belajar agar siap masuk ke politik.

"Meskipun dulu sebagaimana juga kakaknya pernah menyampaikan tak tertarik dengan politik dan lebih tertarik menjadi pebisnis. Perubahan itu wajar-wajar saja. Semakin ke sini tentu Kaesang banyak belajar dan telah mempersiapkan diri untuk masuk ke politik," ujarnya.

Demokrat memandang banyak opsi yang bisa diambil Kaesang. Bisa menjadi calon legislatif atau mencalonkan sebagai kepala daerah. Namun, Demokrat belum membahas apakah akan mendukung Gibran di Pilkada.

"Jadi kami menyambut baik, namun kami belum membahas sama sekali tentang ini. Kami masih fokus pada persiapan Pileg dan Pilpres," jelas Kamhar.

Kamhar tidak mempermasalahkan apakah majunya Kaesang akan membentuk dinasti politik. Selama jabatan itu didapat secara demokratis, sah saja.

"Sepanjang posisi-posisi politik yang diperoleh melalui proses demokrasi dan dengan cara-cara yang demokratis sah-sah saja, bukan dengan jalan menghalalkan segala cara apalagi jika ada penyalahgunaan kekuasaan di dalamnya," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi saat pulang ke Surakarta.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran dilansir Antara, Selasa (24/1).

Meski demikian, dia belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Enggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya enggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," tambahnya.

Baca juga:
Gerindra Ajak Kaesang Pangarep Gabung
Demokrat 'Buka Pintu' untuk Kaesang Pangarep
PPP Siap Dukung Kaesang Pangarep Maju di Pilkada Solo
Kaesang Mau Terjun ke Politik, PKS Sindir 'Privilege' Anak Presiden
Kaesang Ingin Terjun ke Dunia Politik, Begini Tanggapan Prabowo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini