Demokrat Soal Kans Gabung Koalisi Golkar-PPP-PAN: 3 Partai Pernah di Kabinet SBY

Jumat, 13 Mei 2022 16:23 Reporter : Ahda Bayhaqi
Demokrat Soal Kans Gabung Koalisi Golkar-PPP-PAN: 3 Partai Pernah di Kabinet SBY Airlangga, Zukifli Hasan dan Suharso Monoarfa Gelar Pertemuan. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Golkar, PPP dan PAN membentuk Koalisi Indonesia Bersatu. Koalisi ini pun membuka peluang untuk menambah anggota baru.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan untuk bergabung dengan koalisi ini, perlu penjajakan dan pembicaraan lebih lanjut sampai ada keputusan final untuk berkoalisi.

"Tentu mesti ada penjajakan dan pembicaraan lebih lanjut untuk sampai pada keputusan ikut bergabung atau membentuk poros baru," ujar Kamhar kepada wartawan, Jumat (13/5).

Demokrat mendukung pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu. Demokrat mendukung terbentuknya koalisi lebih dari dua poros supaya tidak terjadi pembelahan.

"Kami memiliki kesamaan pandangan dan komitmen untuk menghindari pembelahan pada 2024 nanti agar tak hanya terbentuk dua poros yang bisa kembali memicu dan melanggengkan pembelahan di masyarakat seperti pengalaman pemilu sebelumnya. Ini selalu ditegaskan Mas Ketum AHY pada berbagai kesempatan," ujarnya.

Selain itu, Kamhar juga bicara pengalaman Demokrat bersama-sama membangun koalisi bersama Golkar, PPP, dan PAN ketika era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kami menghargai dan menghormati kesepahaman yang terbangun antara Partai Golkar, PPP dan PAN. Ketiga partai ini juga punya pengalaman pernah tergabung pada koalisi yang sama dengan Partai Demokrat pada dua periode Pemerintahan Pak SBY yang menempatkan kader-kadernya pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid I dan jilid II," kata Kamhar.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Pertemuan Golkar, PAN dan PPP menyepakati akan berkoalisi untuk Pemilu 2024. Hal itu merupakan hasil pertemuan di Rumah Heritage, Jakarta, Kamis (12/5) malam.

"Kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan. Termasuk dalam pemilu nanti di 2024," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Koalisi ini dinamakan bertiga bersatu. Yaitu kesatuan dari partai berlambang beringin, matahari dan Ka'bah.

"Jadi InsyaAllah tadi namanya juga bertiga bersatu. Jadi bertiga bersatu, bersatunya itu adalah beringin, matahari, dan Ka'bah," ungkapnya. [ray]

Baca juga:
Duet Ganjar-Erick Thohir Dinilai Bisa Saling Perkuat Dukungan
Berkoalisi, PPP Hormati Keinginan Golkar Usung Airlangga Jadi Capres
PDIP Soal Koalisi Golkar, PAN dan PPP: Digerakkan Kepentingan Jangka Pendek
Semangat Koalisi Indonesia Bersatu Usungan Airlangga Akhiri Politik Identitas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini