Demokrat Siap Bantu Periode Kedua Pemerintahan Jokowi

Jumat, 11 Oktober 2019 11:48 Reporter : Merdeka
Demokrat Siap Bantu Periode Kedua Pemerintahan Jokowi Jokowi Betemu SBY di Istana. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, pada Kamis (10/10) kemarin. Dalam Pertemuan yang dilakukan secara tertutup, SBY menceritakan pengalamannya selama memimpin Indonesia.

"Sebagai pemimpin mereka mendiskusikan perkembangan negara dan bagaimana lima tahun ke depan, sebagai yang pernah memimpin 10 tahun sebagai presiden, Pak SBY tentu memberikan cerita pengalamannya yang bisa menjadi pertimbangan Pak jokowi menjalankan mandatnya lima tahun ke depan," kata Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan saat dikonfirmasi, Jumat (11/10).

Menurutnya, SBY mengajak seluruh rakyat untuk mendukung pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan. Sebab perbedaan yang terjadi selama proses pemilihan presiden telah usai, saat rakyat telah menentukan pasangan pemimpin periode 2019-2024.

"Saat pidato kontempelasi ketum partai demokrat, pak SBY mengajak seluruh rakyat indonesia mendukung penuh pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan. kompetisi sudah berakhir saat semua anak bangsa bekerja mendukung pemerintahan ini agar makin baik," jelasnya.

Partai Demokrat, Hinca menegaskan, ingin agar 14 program prioritas partai demokrat yang diusung selama kampanye dapat menjadi masukan Presiden Jokowi. Dengan demikian, Demokrat juga siap melibatkan kadernya masuk dalam pemerintahan.

"Pembentukan kabinet adalah prerogatif presiden Jokowi, kita dukung beliau menggunakan hak prerogatifnya itu membentuk kabinet terbaiknya membantu dia menjalankan amanat dan mandat rakyat. Jika Presiden Jokowi meminta dan mengajak kader Demokrat, tentulah kami siap membantunya," tutupnya.

Diketahui, pertemuan kemarin adalah pertemuan resmi antara Jokowi dan SBY setelah Pilpres 2019. Sebelumnya, diketahui pertemuan antara Jokowi dan SBY pada tahun 2017. Dalam pertemuan tersebut berbicara soal budaya estafet pembangunan dari pemerintahan SBY ke pemerintahan yang ia pimpin saat ini.

Saat bertemu dengan SBY di Istana Merdeka, Jakarta, Jokowi mengatakan dirinya dan SBY sepakat bahwa pembangunan di era SBY wajib diteruskan olehnya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini