Demokrat Sebut Membandingkan Anies dan Ganjar Harus Ada Studi Komparatif

Selasa, 19 Mei 2020 15:32 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Demokrat Sebut Membandingkan Anies dan Ganjar Harus Ada Studi Komparatif 3 Gubernur Lakukan Any Song Challenge. Instagram/@ridwankamil ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - PDI Perjuangan membandingkan pola komunikasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam penanganan corona. Partai Demokrat menilai, untuk membandingkan keduanya tidak bisa subjektif dan harus ada metodologi yang jelas.

"Bagi saya membuat studi komparatif basisnya tidak boleh subyektif. Harus dengan metodologi dan parameter yang berimbang dan utuh, dilakukan oleh pihak yang independen, netral dan punya kompetensi. Selain itu juga harus dipertimbangkan untuk apa. Karena tanpa itu semua hasilnya cenderung subyektif," kata Anggota DPR-RI Fraksi Demokrat, Didik Mukrianto, Selasa (19/5).

Di luar dari itu, Didik pribadi menilai tidak bijak untuk membandingkan dan mempertentangkan langkah para pemimpin atau kepala daerah. Apalagi daerahnya juga berbeda.

Dia menjelaskan, gaya dan strategi memimpin adalah ciri kas yang dimiliki setiap pemimpin. Kondisi geografis dan demografis daerah yang berbeda juga tidak bisa dijadikan pembanding secara pas.

"Jangan pernah berpikiran sempit terhadap personality atau kepribadian pemimpin. Setiap pemimpin punya gaya, punya strategi yang berbeda-beda, juga punya keberhasilan dan legacy yang berbeda-beda," ucap dia.

Didik memastikan bahwa setiap pemimpin ada kekurangan, namun punya keberhasilan. Dia mengajak keberhasilan tiap pemimpin untuk diteruskan dan wariskan, sedangkan kekurangannya di jadikan pembelajaran.

"Namun, kalau kita ingin mengambil tanggung jawab dalam setiap langkah dan program pembangunan, minimal kita bisa melakukan kritik atau memberikan masukan, basisnya bukan personalitinya tapi kebijakan, program dan keputusannya," ucapnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini