Demokrat mungkin akan bahas nama Amien Rais untuk diusung di Pilpres 2019

Senin, 11 Juni 2018 11:44 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Demokrat mungkin akan bahas nama Amien Rais untuk diusung di Pilpres 2019 Amien Rais di Magelang. ©2013 merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat (PD) Ferdinand Hutahaean mengatakan partainya kemungkinan akan mengkaji nama Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais untuk diusung menjadi Calon Presiden di Pemilu 2019. Sebab, hingga kini Demokrat belum memutuskan dukungan kepada kandidat Capres tertentu.

"Ya mungkin akan dibahas, karena bagi Demokrat, semua opsi pasti terbuka," kata Ferdinand saat dihubungi merdeka.com, Senin (11/5).

Namun, Ferdinand mengungkapkan, nama Amien belum pernah muncul dalam pembahasan internal. Sejauh ini, Demokrat disebut menggodok sejumlah nama untuk diusung menjadi Capres.

Mulai dari Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur NTB TBG Zainul Majdi, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sampai mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung.

"Jadi belum ada sikap partai apakah akan memasukkan nama Amien Rais sebagai salah satu kandidat. Belum, karena belum pernah dibahas," terangnya.

Meski demikian, Ferdinand menyebut Amien masih memiliki hak politik untuk maju sebagai calon orang nomor satu di republik ini. Majunya Amien, kata dia, menambah banyak pilihan pemimpin untuk rakyat.

Hanya saja, dia mengingatkan Amien untuk bekerja keras mengumpulkan dukungan partai-partai politik demi memuluskan niatnya tersebut.

"Beliau berhak, punya hak memilih dan hak dipilih. Artinya itu bagus, semakin ramai capres semakin bagus. Supaya publik punya alternatif pilihan yang makin baik," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyatakan keinginannya maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Dia siap melawan Jokowi yang telah diusung oleh PDIP, Golkar, Hanura, NasDem dan PPP.

"Nanti PAN, kita akan mencapreskan tokoh-tokoh partai kita sendiri. Pertama Zulkifli Hasan, kedua Sutrisno Bachir, ketiga Hatta Rajasa, dan keempat Mbah Amien Rais," ujar Amien saat buka puasa bersama tokoh-tokoh PAN di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan dalam sambutannya dan disambut tepuk tangan, Sabtu (9/6). [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini