Demokrat Jatim minta caleg dukung program unggulan Khofifah-Emil

Rabu, 4 Juli 2018 16:31 Reporter : Moch. Andriansyah
Demokrat Jatim minta caleg dukung program unggulan Khofifah-Emil Khofifah-Emil resmikan posko pemenangan milik seorang Gusdurian. ©2018 Merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran para calon legislatif (Caleg) mulai hari ini hari ini, Rabu (4/7) hingga (17/7) Juli mendatang. Partai Demokrat memberi syarat khusus bagi calon legislatif yang akan berebut kursi di DPRD Jawa Timur.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio mengatakan syaratnya adalah setiap caleg harus mengawal program andalan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih versi hitung cepat, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak. Program andalan Khofifah-Emil yakni 9 Nawa Bhakti Satya.

"Kami sudah menyampaikan bahwa harus sepakat bersama. Perjuangan kami ke depan adalah mengawal Nawa Bhakti Satya dari pemerintahan yang baru, Bu Khofifah dan Mas Emil," kata Renville kepada wartawan, Rabu (4/7).

Syarat ini sebagai bukti totalitas Demokrat yang telah memenangkan Khofifah-Emil bersama Golkar, NasDem, PPP, Hanura, PAN, dan PKPI di Pilgub Jawa Timur 2018.

"Ini sekaligus untuk mengawal pemerintahan yang baru di Jatim. Terlebih Demokrat ikut merancang program kerja tersebut," terangnya.

Terpisah, Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito meminta seluruh partai politik peserta Pemilu 2019 segera menyelesaikan persoalan internalnya.

"Ini kan (KPU) berharap (persoalan) kawan-kawan (Caleg) sudah clear semua di tingkat partai politik. Sehingga di KPU tidak ada semacam masalah," imbuhnya.

Persoalan internal partai kerap terjadi jelang pendaftaran. KPU ingin konflik internal kepartaian itu tidak menyeret posisi KPU sebagai penyelenggara Pemilu. "Konflik internalnya biar diatasi sendiri, sehingga persoalan itu sudah selesai sebelum di KPU," ucapnya.

Sementara untuk mempermudah proses pendaftaran, Eko mengimbau seluruh parpol segera berkomunikasi dengan KPU. Karena jika terjadi kekurangan berkas, bisa segera diatasi sebelum pendaftaran ditutup tanggal 17 Juli. "Jadi, jika nanti ada yang kurang-kurang, bisa diperbaiki secepatnya," tandas Eko. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini