Demokrat: Deklarasi Airlangga Capres Jadi Tes Pasar Lihat Respons Kompetitor

Rabu, 10 Maret 2021 20:21 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Demokrat: Deklarasi Airlangga Capres Jadi Tes Pasar Lihat Respons Kompetitor Airlangga Hartarto. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Demokrat menghargai hasil Rapimnas Partai Golkar yang menetapkan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024. Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menilai, masing-masing partai punya momentum yang tepat untuk mendeklarasikan Capres.

"Kami menghargai dan menghormati hasil Rapimnas Partai Golkar yang menetapkan Airlangga Hartarto sebagai Capres pada 2024 nanti. Masing-masing partai tentu punya pandangan dan pertimbangan strategis sendiri-sendiri untuk menetapkan figur dan waktu yang tepat kapan dideklarasikan," katanya, Rabu (10/3).

Menurutnya, partai-partai yang memiliki figur internal potensial seperti Golkar akan lebih baik sejak dini dipresentasikan. Tujuannya, agar mesin partai sudah bisa dipersiapkan dan bekerja jauh-jauh hari sebelum pemilu 2024.

"Deklarasi ini juga menjadi semacam test pasar untuk melihat respon masyarakat seberapa besar tingkat penerimaan terhadap figur yang diajukan, termasuk melihat respon dari kompetitor-kompetitor potensial," kata Kamhar.

Lebih lanjut, kata dia, Partai Demokrat saat ini masih fokus pada agenda konsolidasi internal. Hal ini sesuai dengan grand strategi dan road map yang disusun Partai Demokrat dibawah kepemimpinan Ketum Agus Harimurti Yudhoyono untuk menuju sukses Pemilu 2024.

"Tahapan-tahapannya sudah dirancang sedemikian rupa untuk itu sukses Pemilu 2024 baik itu Pileg maupun Pilpres dan Pilkada," pungkasnya.

Sebelumnya, Rakernas dan Rapimnas Partai Golkar telah resmi ditutup pada Sabtu (6/3). Salah satu hasil Rapimnas adalah penunjukan resmi Ketua Umum Airlangga Hartanto untuk maju menjadi calon presiden 2024.

"Rapimnas yang baru saja berakhir menegaskan kuatnya aspirasi dari arus bawah yang menginginkan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk dicalonkan sebagai Calon Presiden," kata Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam keterangannya, Sabtu (6/3).

Doli menyebut seluruh DPD dan Ormas telah menyampaikan dukungan pada Airlangga secara resmi.

"Bila selama ini kita menerima aspirasi tersebut secara informal, mendengarkan suara-suara lepas dari bawah, sekarang kami DPP sudah mendapatkan pernyataan aspirasi secara langsung dari seluruh 34 DPD Provinsi, 10 Ormas yang ada di lingkungan Partai Golkar, dan senior-senior yang berada di Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, Dewan Pakar, dan Dewan Etik," bebernya.

Sementara Airlangga sendiri, kata Doli, menyampaikan terima kasih atas dukungan DPD dan siap mempertimbangkan untuk maju pada Pilpres 2024.

"Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Keluarga Besar Partai Golkar. Aspirasi itu akan menjadi pertimbangan beliau dan pada waktunya akan menjawab aspirasi itu. Beliau menyampaikan bahwa saat ini Golkar sedang fokus membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi," ujarnya.

Adanya dukungan untuk bertarung di Pilpres 2024, kata Doli, membuat Golkar memiliki semangat baru untuk menyusun strategi kemenangan pada 2024.

"Aspirasi tersebut buat kami di Korbid Pemenangan Pemilu DPP menambah energi dan semangat baru, sekaligus menjadi dorongan untuk lebih serius lagi menyusun langkah dan strategi, serta bekerja lebih keras lagi dalam pemenangannya," tandasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini