Demokrat dan NasDem Makin Erat, Surya Paloh Ingatkan AHY Tak Buru-Buru Koalisi

Kamis, 23 Juni 2022 15:02 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Demokrat dan NasDem Makin Erat, Surya Paloh Ingatkan AHY Tak Buru-Buru Koalisi AHY bertemu Surya Paloh di Markas NasDem. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku hubungan partainya dengan Partai NasDem semakin hangat dan merekat. Menurut dia, hal itu dibuktikan dengan ruang yang diberikan oleh NasDem untuk membedah lebih dalam lagi soal politik.

"Kami terasa nyaman semakin hari semakin kuat. Kita bisa membedah lebih leluasa peta politik hari ini," kata AHY saat jumpa pers usai bertemu Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (23/6).

Meski arah kedua partai ini semakin positif, AHY tetap mengingat pesan Surya Paloh untuk tidak terlalu terburu-buru. Sebab situasi politik saat ini masih sangat dinamis.

"Beliau (Surya Paloh) sering mengingatkan kita tidak boleh terburu-buru semuanya harus di update dengan baik karena memang inilah nature dari politik kita, begitu dinamis begitu penuh dengan kejutan misterius kadang-kadang. Tetapi InsyaAllah dengan semakin dekat dan juga semakin sering kami bisa berkomunikasi dan bersilaturahmi maka akan semakin kuat lagi," ujar AHY.

Selain itu, AHY juga mengingat pesan dari Surya Paloh jika koalisi yang terburu-buru maka akan berujung bubar. Karena itu, AHY memahami betul segala proses yang saat ini tengah coba dibangun antara partainya dengan NasDem.

"Kalau beliau (Surya Paloh) mengatakan, buat apa buru-buru? kemudian buru-buru bubar juga, lebih baik kita enjoy berproses kita semangat sekali makin lama makin hangat makin harmonis dalam arti semangatnya itu makin bertemu dan InsyaAllah tentu ketika ada ruang dan momentum yang baik,” AHY menandasi.

2 dari 2 halaman

Belum Banyak Bicara Koalisi

AHY belum banyak bicara mengenai koalisi dengan partai NasDem untuk Pemilu 2024 mendatang. AHY hanya mengatakan bahwa hubungan kedua partai semakin nyaman dan kuat setelah pertemuan lanjutannya dengan ketua umum partai NasDem Surya Paloh, hari ini.

"Kalau kata Pak Surya ada yang bisa disampaikan ke publik, ada yang lebih tertutup. Tetapi saya bisa pastikan di sini hubungan kami lebih terasa nyaman, semakin hari semakin kuat, dan juga lebih terbuka. Terbuka dalam arti kita bisa lebih membedah dengan lebih leluasa dinamika hari ini, peta politik hari ini, dan proyeksi-proyeksi yang bisa kita ikuti bersama," kata AHY di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (23/6).

AHY menyebut, hubungan antara Demokrat-NasDem yang dibangun tak boleh terburu-buru untuk mengarah ke koalisi. Baik Demokrat dan NasDem masih memantau dinamika politik yang penuh kejutan.

"Beliau juga sering mengingatkan, kita tidak boleh terburu-buru, semuanya harus diupdate dengan baik, karena memang inilah nature dari politik kita begitu dinamis, penuh dengan kejutan, misterius kadang-kadang," ucap dia.

AHY melanjutkan, Demokrat dan NasDem masih menikmati proses yang ada. Dia mengatakan, percuma buru-buru berkoalisi bila nantinya bubar.

"Kita ingin meyakinkan terlebih dahulu, kalau beliau mengatakan buat apa buru-buru, kemudian buru-buru bubar juga. Lebih baik kita enjoy the proccess, kita senang sekali semakin hangat, makin harmonis," kata AHY.

"Dalam arti semangatnya makin bertemu dan InsyaAllah ketika ada ruang dan momentum yang baik ya pada saatnya kita belum menentukan itu sekarang," pungkasnya.

Sementara itu, Surya Paloh mengatakan, pertemuannya dengan AHY yang berlangsung hari ini diisi dengan diskusi ringan dibalut canda dan tukar pikiran.

"Pertemuan yang penuh dengan banyak candaan sekaligus juga sharing bertukar pikiran bersama terhadap masalah-masalah yang cukup aktual pada saat ini," kata Paloh saat jumpa pers di NasDem Tower.

Paloh mengakui NasDem dan Demokrat memiliki keinginan untuk membentuk suatu kebersamaan. Menurut dia, hal itu dibuktikan dengan semakin mendekatnya hubungan silaturahmi yang sudah ada antara NasDem dan Demokrat.

Reporter: Muhammad Radityo Priyasmono [gil]

Baca juga:
Usai Bertemu Surya Paloh, AHY Merasa Hubungan NasDem-Demokrat Semakin Nyaman dan Kuat
Tak Ada Nama Prabowo, AHY dan Puan, NasDem: Capres Usulan DPP Belum Masuk
Besok Sambangi DPP NasDem, Demokrat akan Dipimpin AHY
NasDem: Surya Paloh Anggap AHY Seperti Anak Sendiri
Temui Surya Paloh, AHY Sambangi Markas NasDem
AHY Ketemu Surya Paloh, SBY dan JK Bahas Masa Depan RI di Cikeas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini