Demokrat 3 Besar di Survei, AHY: Jangan Terlena, Pastikan Nanti di TPS

Kamis, 31 Maret 2022 22:00 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Demokrat 3 Besar di Survei, AHY: Jangan Terlena, Pastikan Nanti di TPS AHY Tanggapi Keputusan Menkumham yang Tidak Akui Kepengurusan Kubu Moeldoko. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta para kadernya tak terlena melihat hasil positif dari sejumlah lembaga survei. Dalam dua survei terakhir, posisi Demokrat berada di tiga besar menempel PDIP dan Gerindra.

Saat pelantikan pengurus DPD Demokrat NTB dan Yogyakarta, Kamis (31/3), AHY meminta para kader tetap bekerja solid.

Dalam arahannya, AHY meminta kepengurusan yang baru saja dilantik langsung berkerja. Karena pemilu sudah di depan mata. Harapannya pengurusan Demokrat NTB segera bangkit untuk menjemput kejayaan kembali di pemilu mendatang.

"Partai Demokrat di NTB berjaya, bangkit. Jadikan pelantikan ini menjadi momentum untuk semangat dalam menjemput impian kejayaan Partai Demokrat. Tugas pemimpin yang baru harus segera menjalankan roda partai," kata AHY.

AHY berharap, Demokrat semakin kuat. Kader juga harus solid dan bersatu hilangkan perbedaan. Namun tunjukan kebersamaan.

"Pemilu bisa sukses, makin banyak anggota dewan, tentunya makin banyak kader Demokrat kita bisa bersuara lantang untuk memperjuangkan aspirasi rakyat," kata AHY.

2 dari 4 halaman

AHY meminta, NTB mampu menunjukan semangat untuk kejayaan pemilu mendatang. Bahkan, AHY meminta kader Partai Demokrat tidak terbuai dengan hasil survei yang ada dengan penunjukan hasil baik.

"Beberapa Lembaga survei menunjukkan positif yang baik secara elektabilitas. Namun saya minta tidak terlena atau jemawa. Tapi tetap tunjukan kinerja sebagai kader Partai Demokrat, dan pastikan benar-benar nanti di TPS," tegasnya.

AHY kembali mengatakan, jangan sia-siakan waktu ini untuk menjalankan mesin partai. "Jangan tidak fokus dari peluang itu kita perjuangkan kecintaan pada masyarakat. Yakinkan kepada rakyat, Demokrat ada untuk kita semua. Kita partai yang hadir untuk mensejahterakan rakyat dan demokrasi untuk semua," ucap AHY.

3 dari 4 halaman

Sementara itu, Ketua DPD Demokrat NTB, Indra Jaya Usman menegaskan, dirinya bersama kepengurusan yang baru siap langsung bekerja memanaskan mesin partai.

"Tentunya sesuai arahan Ketum AHY pengurus yang diberikan amanah kepercayaan langsung bekerja. Melihat tahapan pemilu tidak lama lagi," jelas Indra.

Pihaknya akan segera menggelar musyawarah cabang (muscab) 10 DPC kabupaten/kota. Targetnya April konsolidasi selesai.

“Ini langkah awal memanaskan mesin politik partai, tentunya kita tetap konsolidasi ke bawah mematangkan strategi untuk kemenangan Pemilu 2024,” terang dia.

Partai Demokrat NTB bertekad menjadi parpol pemenang Pemilu 2024. Selain itu, pihaknya juga menargetkan untuk bisa memenangkan AHY pada Pilpres 2024 di NTB.

"Mesin partai berjalan dengan baik, saya percaya dapat menghantar AHY menjadi presiden 2024. AHY aset Demokrat yang dibutuhkan bangsa ini, ide pikiran yang cerdas dipercaya dapat memimpin bangsa," jelas Indra.

4 dari 4 halaman

Hasil Survei

Survei terbaru Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Demokrat masuk tiga besar. Survei digelar 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden.

Hasilnya sebagai berikut:
- PDIP 22,8%
- Gerindra 13,9%
- Demokrat 10,7%
- Golkar 8,6%
- PKS 6,8%
- PKB 5,5%
- NasDem 3,5%
- PPP 2,8%
- PAN 2,5%
- Perindo 2,5%
- PSI 0,9%
- Hanura 0,6%
- PBB 0,6%
- Garuda 0,4%
- Lainnya 0,3%

Survei Median

Tak cuma survei Litbang Kompas, survei Median juga menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat meningkat tinggi. Kini Demokrat berada persis di bawah Gerindra. Demokrat mengalahkan Golkar dan PKB.

- PDIP: 19,6 persen
- Partai Gerindra: 13,5 persen
- Partai Demokrat: 10,5 persen
- Partai Golkar: 8,8 persen
- PKB: 8,6 persen
- PKS: 6,3 persen
- Partai Nasdem: 4,5 persen
- PPP: 2,5 persen
- PAN: 2 persen
- PSI: 1,5 persen
- Partai Gelora: 1,4 persen
- Partai Perindo: 1 persen
- Partai Hanura: 0,7 persen
- Partai Ummat: 0,2 persen
- Partai Berkarya: 0,1 persen
- Partai Garuda: 0,1 persen





Adapun pengambilan data survei dilakukan pada 1-7 Maret 2022 terhadap 1.200 responden yang telah memiliki hak pilih. Sedangkan, margin of error kurang lebih sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara, sampel dalam survei ini dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling serta proporsional atas populasi provinsi dan gender. [rnd]

Baca juga:
Usai Dilantik, Demokrat NTB Langsung Deklarasi Dukung AHY Capres 2024
Setelah Surya Paloh Bertemu Airlangga dan AHY
Demokrat-NasDem Sepakat Tolak Penundaan Pemilu: Tidak Bisa Diterima Akal Sehat
AHY Usai Bertemu Surya Paloh: Peluang Koalisi Demokrat-NasDem Terbuka
Sorot Mata Bahagia SBY Kembali Terpancar Lihat Wujud Cinta Abadinya ke Bu Ani Juara
Begini Reaksi AHY saat Ditanya Peluang Koalisi dengan NasDem

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini