Demi jadi cawapres Jokowi, Cak Imin akan silaturahmi ke ketum parpol pendukung

Selasa, 24 April 2018 12:29 Reporter : Hari Ariyanti
Demi jadi cawapres Jokowi, Cak Imin akan silaturahmi ke ketum parpol pendukung Cak Imin resmikan Posko JOIN. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pada 10 April 2018, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar mendeklarasikan dukungannya terhadap capres petahana, Joko Widodo atau Jokowi pada Pilpres 2019. Dalam kesempatan itu, Cak Imin juga mendeklarasikan dirinya sebagai bakal cawapres Jokowi. Dia juga langsung meresmikan posko JOIN (Jokowi-Muhaimin) di Tebet, Jakarta Selatan.

Sampai saat ini PKB belum tertarik membahas kemungkinan bergabung dengan poros ketiga. Sekalipun poros ini bakal terwujud. Saat ini PKB masih fokus mewujudkan pasangan JOIN sebagai kandidat pasangan capres-cawapres. Hal ini disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan, Selasa (24/4).

"Iya sejauh ini kita fokus ke JOIN," ujarnya kepada Merdeka.com.

Demi terwujudnya pasangan JOIN, Daniel mengatakan komunikasi politik dengan barisan parpol pengusung Jokowi terus dilakukan. Dalam waktu dekat Cak Imin juga akan berkeliling bersilaturahmi dengan para Ketua Umum parpol yang telah menyatakan mendukung Jokowi seperti PDIP, Golkar, Hanura, PPP, dan NasDem.

Cak Imin juga berencana bertemu langsung dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Sebelumnya pada 10 April lalu, Cak Imin bertemu Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

"Dalam waktu dekat Cak Imin akan keliling silaturahmi dengan ketum-ketum partai. Semua ketum partai," jelasnya.

Silaturahmi dengan para ketum partai tak hanya membahas soal Pilpres 2019, tapi juga persiapan pelaksanaan Pilkada serentak pada Juni mendatang. "Karena ingin memastikan juga Pilkada dan Pilpres berjalan baik dan lancar," jelasnya.

Daniel menambahkan, PKB tetap membuka ruang komunikasi dengan parpol lain di luar koalisi pendukung Jokowi. Tapi komunikasi dilakukan untuk membahas persiapan Pilkada serentak dan Pilpres secara umum. Dengan harapan kontestasi politik tersebut dapat berjalan lancar dan kondusif.

"Juga komunikasi (dengan parpol di luar koalisi pendukung Jokowi). Kan Pilkada dan Pilpres (diikuti) semua partai. Agar Pilkada dan Pilpres berlangsung kondusif, berjalan baik dan lancar," jelasnya. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini