Debat Capres Kedua, Jokowi Bugar dan Siap Tarung Bebas

Kamis, 31 Januari 2019 13:18 Reporter : Ahda Bayhaqi
Debat Capres Kedua, Jokowi Bugar dan Siap Tarung Bebas Jokowi di Muara Gembong. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan, petahana Joko Widodo (Jokowi) siap menghadapi debat dari sisi stamina dan substansi. Jokowi, menurut Ace, siap format debat tarung bebas atau bermain gaya menyerang.

Berkaca pada debat perdana, Jokowi menurutnya, bisa mengendalikan emosi. Ketimbang Prabowo yang harus joget sampai dipijat untuk menahan emosinya.

"Pak Jokowi terbukti bisa kalem, tapi juga bisa offensif. Ketika offensif, pertanyaannya tajam sehingga bikin Prabowo emosional. Jadi Pak Jokowi tahu kapan menyerang kapan harus kalem. Dan emosinya terkendali dan tidak perlu sampai dipijat-pijat untuk meredakan emosi," jelas Ace dalam keterangannya, Kamis (31/1).

Ace mengatakan, secara fisik Jokowi bugar dan bisa keliling daerah lebih dari ratusan titik. Dia mengungkit kondisi Prabowo yang dikabarkan sakit.

"Karena saya dengar Pak Prabowo sedang sakit, saya juga berdoa agar Pak Prabowo juga bisa cepat sembuh dan bugar kembali. Karena waktu debat sudah dekat," kata politikus partai Golkar itu.

Tema debat, pangan, energi, infrastruktur sumber daya alam dan lingkungan hidup, dinilai dikuasai Jokowi. Sebagai petahana menurut Ace, keunggulan Jokowi adalah menguasai angka dan data. Begitu juga memahami kondisi aktual di lapangan.

"Jadi Pak Jokowi sangat siap dalam aspek penguasaan materi dan permasalahan yang menjadi tema debat kedua. Demikian pula dengan aspek berkomunikasi: performa Pak Jokowi di debat I sangat meyakinkan," kata dia.

Selain itu, Ace menuturkan, survei LSI pun membuktikan Jokowi-Ma'ruf unggul dibandingkan Prabowo-Sandiaga. 50 Persen Jokowi unggul dibandingkan Prabowo dengan angka 35,4 persen. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini