Dapat Pujian dari Jokowi, Airlangga Diminta Tidak Cepat Terbuai

Jumat, 8 November 2019 11:50 Reporter : Fikri Faqih
Dapat Pujian dari Jokowi, Airlangga Diminta Tidak Cepat Terbuai Jokowi dan Jusuf Kalla Hadiri HUT Partai Golkar. ©2019 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kepemimpinan Airlangga Hartarto di Partai Golkar. Namun, Airlangga diminta tidak terlena dan terbuai dengan pujian yang disampaikan oleh Jokowi tersebut.

Pengamat Politik Universitas Pancasila, Gede Munanto mengatakan, Airlangga harus mengingatkan kasus yang dialami oleh Setya Novanto. Kala itu, Jokowi juga memberikan dukungan serupa kepada mantan Ketua DPR itu.

"Airlangga dan pendukungnya seharusnya tidak terbuai dengan pujian Jokowi tersebut. Sebaliknya, Airlangga harus cermat memaknai pujian tersebut seraya memastikan dirinya tidak tersangkut dengan kasus hukum apapun. Ini penting agar tragedi Setnov tidak terulang pada Airlangga," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/11).

Saat mendukung Setnov, dia menilai, Jokowi bukannya tidak tahu yang bersangkutan rawan terjerat kasus hukum. Gede meyakini, Jokowi telah berkoordinasi dengan sejumlah penegak hukum.

"Namun, inilah yang disebut dengan gaya politik 'memangku'. Jokowi tampak seolah 'memangku' Setnov, namun sebenarnya itu adalah cara untuk meminimalisir gerak yang bersangkutan agar KPK leluasa mengusut kasus hukumnya," ujarnya.

"Substansinya memangku untuk mematikan orang, yang dalam konteks Setnov, dianggap telah merusak kredibilitas institusi negara," tutup Gede.

Baca Selanjutnya: Kubu Bamsoet Tegaskan Munas Tak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini