Cyrus Network: Rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo Bukan Sekadar Bagi Jabatan

Jumat, 9 Agustus 2019 16:17 Reporter : Merdeka
Cyrus Network: Rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo Bukan Sekadar Bagi Jabatan Jokowi dan Prabowo naik MRT. ©2019 Merdeka.com/twitter pramono anung

Merdeka.com - Lembaga Survei Cyrus Network merilis hasil survei terkait rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo. Hasilnya, 57,5 persen responden mengapresiasi dukungan positif terhadap momen yang terjadi di Stasiun MRT tersebut.

"Ini malah diartikan sebagai ajang persatuan bukan sekadar bagi jabatan. Hanya 9,2 persen yang berpikir demikian, 3,3 persen menilai momen itu sebagai ketidakkonsistenan, sedangkan sisanya mengaku tidak tahu," kata Managing Director Cyrus Network, Eko Dafid Alfianto di Ashley Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (9/8).

Angka tersebut menggeser persepsi publik yang sebelumnya menerka jika momentum rekonsiliasi itu adalah pintu masuk ajang berbagi kuasa.

Selain itu, penilaian positif responden terhadap pertemuan rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi diperkuat dengan 42,8 persen yang menilai perlunya Prabowo masuk dalam pemerintahan.

Sisanya, 22,3 persen menjawab tidak perlu, 17,1 persen mengatakan biasa saja, dan sisanya tidak perlu 5,2 persen dan tidak menjawab 12,6 persen.

"Tingkat penerimaan publik jika Prabowo bergabung ini jauh lebih tinggi, sepertinya publik sudah lelah dengan pembelahan," jelas Dafid.

Sebagai informasi, survei nasional ini dilakukan dalam rentang waktu 22-28 juli 2019. Survei mengambil sampel 1.230 responden di 34 provinsi di Indonesia, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dengan metode multistage random sampling dan margin of error sebesar 3 persen.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini