Cuma serahkan 19.505 KTP, Ichsanuddin Noorsy gagal jadi cagub DKI

Senin, 8 Agustus 2016 16:12 Reporter : Fikri Faqih
Cuma serahkan 19.505 KTP, Ichsanuddin Noorsy gagal jadi cagub DKI Ichsanudin Noorsy. ©2015 Merdeka.com/hana

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menyatakan, satu-satunya bakal calon gubernur dari jalur perseorangan yang mendaftar, Ichsanuddin Noorsy gagal memenuhi syarat dukungan jumlah KTP sesuai aturan. Noorsy pun dinyatakan tidak dapat mengikuti tahapan selanjutnya.

"Dukungannya tak memenuhi syarat minimal sebanyak 532.213. Dia hanya menyerahkan 19.505 KTP," kata Ketua KPU DKI Sumarno melalui pesan singkat di Jakarta, Senin (8/8).

Jumlah dukungan KTP itu, kata Sumarno tidak mencukupi syarat. KPU lanjut dia, telah menghitung KTP yang diserahkan Noorsy. "Karena kan dihitung dulu. Bagaimana bisa disimpulkan tidak memenuhi syarat kalau tidak menghitung terlebih dulu," tegasnya.

Sementara untuk calon lain yang dinyatakan gagal karena saat mendaftar, mereka tidak membawa berkas syarat. "Kalau enggak bawa berkas kan apanya yang mau dihitung. Jadi cuma bawa pendukung aja," jelas Sumarno.

Sejak pendaftaran dibuka dari tanggal 3 Agustus hingga ditutup 7 Agustus, Sumarno menegaskan, hanya Noorsy saja yang menyerahkan berkas saat mendaftar. "Dipastikan pilkada DKI 2017 tanpa calon independen," pungkasnya.

KPU mengagendakan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur DKI pada 21-23 September 2016. [bal]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini