Contoh Soekarno-Soeharto, Effendi Simbolon Dukung Jokowi Perpanjang Jabatan Presiden

Senin, 8 Agustus 2022 02:04 Reporter : Lydia Fransisca
Contoh Soekarno-Soeharto, Effendi Simbolon Dukung Jokowi Perpanjang Jabatan Presiden Anggota Komisi X DPR RI Effendi Simbolon. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Anggota DPR dari PDIP Effendi Simbolon setuju masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditambah satu periode lagi. Menurut dia, kinerja Jokowi selama dua periode belakangan telah banyak menorehkan capaian positif.

"Kalaupun mau ditambah tiga tahun pun buat saya ya monggo saja, sepanjang beliau menuntaskan kemantapan, kemapanan ideologi itu. Legitimasi Itu dia bisa sepanjang sudah berkomitmen perubahan UUD. Soekarno juga lebih dua periode, Soeharto lebih dari dua periode. Kalau kurang dari satu periode, 5 tahun, boleh. Perpanjangan juga saya kira bukan hal yang dilarang, " kata Effendi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (7/8).

Effendi menampik kedekatan Jokowi dengan sejumlah tokoh belakangan ini sebagai isyarat dukungan di Pemilu 2024. Menurutnya, untuk melihat Jokowi mendukung siapa pada pemilu berikutnya, masih terlalu dini.

"Ini kan kalau pemilunya besok. Ini pemilunya masih 500 hari lagi. Kita sih kalau berdasarkan teori yang empiris ya, semua yang sudah satu dan dua periode biasanya akan melemah dan orang cenderung mencari yang opposite-nya kan gitu. Jadi kalau orang terbiasa dengan figur a, ada titik jenuh setiap pemilih warga. Kemudian, ada (figur) yang baru. Itu klasik, itu manusawi sekali," kata Effendi.

2 dari 2 halaman

Dalam diskusi yang sama, Pengamat Politik M Qodari menilai, Jokowi tak perlu menambah masa jabatan tiga tahun. Tapi harusnya tiga periode. Dengan catatan, partai-partai sepakat untuk melakukan amandemen UUD 1945 yang mensyaratkan jabatan presiden dan wakil presiden hanya dua periode saja.

"Kalau bisa diamandemen, ngapain tiga tahun? tiga periode aja. Perpanjangan masa jabatan itu kan mekanismenya seperti apa. Kalau rakyat lagi yang memilih, ngapain tiga tahun," kata Qodari.

Qodari mengatakan, kedekatan Jokowi dengan Menteri Pertahanan Prabowo merupakan peluang atau kemungkinan terjadinya Jokowi 3 periode bersama Prabowo sebagai wakilnya.

"Kalau baju saya sebagai komunikator adalah baju Jokpro, gerakan Jokowi-Prabowo. Maka kedekatan dengan Pak Prabowo ini adalah bagian dari peluang atau kemungkinan terjadinya Jokowi 3 periode bersama Prabowo Subianto sebagai wakilnya," kata Qodari.

Baca juga:
Sederhananya Ulang Tahun Anak Kedua Kahiyang, Kehadiran Kaesang & Erina Bikin Salfok
Ditemani Jan Ethes, Presiden Jokowi Jalan-jalan di Car Free Day Solo
Jokowi Tutup ASEAN Para Games XI: Keterbatasan dan Kesulitan Bukanlah Halangan
PPP Sebut Jokowi Promosikan Ganjar dan Prabowo untuk Pilpres 2024
Menebak Maksud Pujian Prabowo ke Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini