Calon-calon ini menang telak di Pilkada serentak hasil hitung cepat

Kamis, 10 Desember 2015 07:20 Reporter : Al Amin
Calon-calon ini menang telak di Pilkada serentak hasil hitung cepat Cagub Jatim Ir Tri Rismaharini. ©2013 Merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Merdeka.com - Sejumlah lembaga survei seperti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), dan Indo Barometer melansir data hitung cepat atau quick count pilkada serentak. Berbagai metode digunakan lembaga survei tersebut untuk mendapatkan hasil hitung cepat, salah satunya LSI yang menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah 200-400 TPS setiap wilayah dengan margin of error kurang lebih 1 persen.

Dari hasil hitung cepat tersebut, sejumlah calon kepala daerah meraih perolehan suara yang jauh melampaui pesaingnya. Bahkan selisihnya mencapai angka 50 persen.

Salah satunya seperti calon Bupati Banyuwangi, Bupati Abdullah Azwar Anas dan calon Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko. Pasangan petahana tersebut menang telak dengan angka 88,81 persen suara, jauh meninggalkan pesaingnya, pasangan Sumantri Sudomo-Sigit Wahyu Widodo (Su-Si), dapat 11,19 persen.

Direktur Citra Publik-LSI Network Ade Mulyana mengatakan, kemenangan Anas sudah diprediksi jauh sebelumnya mengingat elektabilitasnya yang tinggi. Sebagai petahana, Anas dinilai berhasil memimpin Banyuwangi oleh mayoritas warga.

Berikut calon-calon yang menang telak di Pilkada serentak hasil hitung cepat.

1 dari 4 halaman

Tubagus Iman Ariyadi dan Edi Ariadi

Ilustrasi Pilkada Serentak. ©2015 Merdeka.com

Pasangan incumbent Tubagus Iman Ariyadi dan Edi Ariadi yang diusung oleh 11 parpol, unggul telak berdasarkan hasil hitungan cepat yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Iman berjanji bekerja lebih keras di periode kedua kepemimpinannya.

Berdasarkan hitung SMRC, Iman-Edi memperoleh suara sebesar 77,18 persen, sedangkan pasangan independen Sudarman-Marfi, memperoleh suara sebesar 22,82 persen, dengan tingkat partisipasi mencapai 61,92 persen.

"Ini menunjukkan bahwa ekspektasi dan harapan masyarakat kepada saya dan Pak Edi besar. Saya akan bekerja keras untuk 5 tahun lagi," kata Iman di GOR Asa, Kota Cilegon, Banten, Rabu (9/12).

2 dari 4 halaman

Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Pasangan calon Bupati Abdullah Azwar Anas dan calon Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko unggul dalam Pilkada Banyuwangi. Hasil hitung cepat (quick count) Citra Publik-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network, pasangan petahana itu meraup 88,81 persen suara, sedangkan lawannya, Sumantri Sudomo-Sigit Wahyu Widodo (Su-Si), dapat 11,19 persen.

Hitung cepat dilakukan di 228 TPS pada tingkat kepercayaan 98,25 persen dengan margin of error 1 persen. Metode penarikan sampel memakai multistage random sampling. Sampel TPS diambil secara proporsional.

"Ini perhitungan final quick count dari semua data yang masuk," kata Direktur Citra Publik-LSI Network Ade Mulyana, Rabu (9/12).

3 dari 4 halaman

Rita Widyasari dan Edi Damansyah

rita widyasari. istimewa

Pasangan calon Kabupaten Kutai Kartanegara Rita Widyasari dan Edi Damansyah unggul sementara berdasar hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia. Calon petahana ini unggul telak di antara tiga pasangan lainnya.

Rita Widyasari dan Edi Damansyah unggul dengan perolehan suara 88,76 persen. Sementara tiga pasangan lainnya, Sugianto dan Rudi Hartono peroleh 3,43 persen, Awang Wahyu dan Andi Katanto 4,19 persen, dan Idham Khalid dan Abdul Kadir 3,62 persen.

4 dari 4 halaman

Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana

Cagub Jatim Ir Tri Rismaharini. ©2013 Merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Lembaga Survei Surabaya Consulting Group (SCG), menyebut pasangan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana akan kembali memimpin Kota Surabaya, Jawa Timur. SCG memprediksi, pasangan calon besutan PDIP ini, menang mutlak di Pilwali Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/12).

SCG menyebut, hingga pukul 13.00 WIB, pasangan incumbent ini, hasil sementara meraih suara 81 persen, sedangan pasangan urut satu Rasiyo-Lucy Kurniasari yang diusung Partai Demokrat dan PAN, meraih suara 19 persen.

Hasil survei yang dilakukan SCG ini, menggunakan metode exit poll yang dilakukan dengan cara menanyakan langsung ke pemilih yang baru keluar dari tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah responden yang dijadikan obyek survei berjumlah 4 ribu orang.

"Exit poll ini kita lakukan dengan cara menanyakan langsung ke responden yang baru keluar dari TPS. Apakah mereka sudah melakukan pilihan dan memilih nomor berapa?," terang Direktur SCG, Didik Prasetiyono.

[amn]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini