Cak Imin: Koalisi PKB-Gerindra Minimal Tambah 5-6 Partai Lagi

Sabtu, 25 Juni 2022 13:14 Reporter : Bachtiarudin Alam
Cak Imin: Koalisi PKB-Gerindra Minimal Tambah 5-6 Partai Lagi cak imin saat hadiri deklarasi perempuan NU di Jakarta. ©2022 Merdeka.com/bachtiar

Merdeka.com - Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menegaskan, partai telah solid membangun koalisi dengan Gerindra. Menurut dia, kedua partai hanya tinggal melakukan deklarasi secara resmi.

"Iyah (tinggal deklarasi)," kata Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin usai acara deklarasi capres 2024 Perempuan NU, di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (25/6).

Walau belum menyebut kapan deklarasi itu, menurutnya, rencana koalisi yang bakal dibangun dengan partai besutan Prabowo Subianto sudah mulai dibahas dan masih membuka peluang bagi partai lain yang ingin bergabung.

"Sudah solid, tinggal nambah-nambah saja," ujarnya.

Termasuk, lanjut dia, peluang bergabungnya Partai Demokrat ke dalam koalisi Partai Gerindra-PKB. Usai pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Jumat (24/6) malam.

"Ya (pertemuan Prabowo-AHY). Tentu kita kan akan membangun koalisi sebanyak-banyaknya ya," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Bahkan, Cak Imin menargetkan dalam koalisinya nanti tidak hanya Gerindra dan PKB. Namun, bisa turut menghimpun sedikitnya lima partai di dalamnya untuk persiapan jelang pilpres 2024.

"Kita berharap tidak satu dua partai. Minimal 5-6 partai bergabung jadi satu untuk kekuatan kita," katanya.

"Semua (partai) masih terbuka, partai-partai yang akan bergabung dengan PKB dan Gerindra terbuka. Nanti kita bahas rapih, apa yang akan kita perjuangkan bersama," tambahnya.

Lalu ketika disinggung soal PDI Perjuangan mungkin akan bergabung dalam koalisi tersebut, Cak Imin menyampaikan, pihaknya akan terus melihat proses dari hasil komunikasi yang telah dilakukan.

"Semua proses (komunikasi)," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Deklarasi di IKN

Sebelumnya, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana melaksanakan deklarasi koalisi yang mereka bentuk bersama Gerindra atau Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim menyatakan, rencana itu diambil usai pertemuan sejumlah elite kedua partai pada Rabu (22/6) malam.

Dalam pertemuan itu, hadir Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Waketum PKB Jazilul Fawaid, Ketua PKB Syaiful Huda, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, serta Waketum Gerindra Sugiono.

Meski demikian, ia belum membeberkan tanggal pasti deklarasi akan digelar. "Kami juga ada rencana untuk survei lokasi deklarasi, salah satu tempat yang dipertimbangkan adalah di IKN," kata Lukmanul pada wartawan, Kamis (23/6).

Selain itu, Lukmanul menyebut, koalisi mereka sangat terbuka untuk partai politik (parpol) manapun untuk bergabung.

Meski demikian, Lukmanul mengingatkan bahwa koalisi Kebangkitan Indonesia Raya sudah memiliki nama yang bakal diusung sebagai capres-cawapres. "Soal capres dan cawapresnya sudah ada, yang mau gabung monggo, dengan senang hati dan tangan terbuka kita terima," kata dia. [rnd]

Baca juga:
KIB Siap Melawan Poros Gerindra dan NasDem di Pemilu 2024
Ternyata Ada JK saat Ganjar dan AHY Bertemu di Masjid
Hasil Lengkap Pertemuan Prabowo dan AHY di Kertanegara
Elite Parpol Ramai Lobi-Lobi buat Pencapresan, PSI Kutip Jokowi 'Ojo Kesusu'
Soal Koalisi dengan Demokrat, Prabowo: Kalau Saya Cerita Gak Seru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini