Cak Imin Deklarasi Capres, Gerindra Buka Peluang Koalisi dengan PKB

Kamis, 21 Oktober 2021 11:58 Reporter : Ahda Bayhaqi
Cak Imin Deklarasi Capres, Gerindra Buka Peluang Koalisi dengan PKB Kampanye Gerindra di GBK. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan siap maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Menanggapi hal itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai sah saja PKB sudah melakukan deklarasi calon presiden. Gerindra terbuka untuk koalisi dengan PKB.

Namun saat ini Gerindra belum mendeklarasikan calon presiden. Setelah deklarasi calon presiden, Gerindra akan membuka penjajakan koalisi termasuk dengan PKB.

"Sehingga pada saatnya nanti Gerindra akan menyampaikan calon presiden dari Gerindra dan kemudian akan melakukan penjajakan terhadap koalisi-koalisi dengan partai politik-partai politik yang ada dan tidak menutup pintu untuk PKB," ujar Dasco di DPR RI, Kamis (21/10).

Dasco mengakui, deras desakan dari kader Gerindra supaya Ketua Umum Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden di 2024. Namun, Dasco menegaskan belum ada keputusan resmi.

"Gerindra juga pada saat ini belum juga menyatakan, walaupun sekarang ini sudah mulai banyak desakan, kita belum menyatakan calon presiden dari Gerindra," ujarnya.

Dasco menuturkan, Gerindra belum melirik siapa pasangan yang akan berdampingan dengan Prabowo. Sebab, keputusan terkait calon presiden belum diputuskan.

"Ya kita calon presidennya saja belum kita tetapin, gimana kita incar calon wakil presiden, nantilah," katanya.

Diberitakan, Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin terang-terangan menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Menurutnya, Pilpres 2024 sebagai tantangan bagi dirinya untuk maju sebagai capres. Kendati begitu, dia mengaku tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah.

”Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” ujar Cak Imin dalam keterangannya, Senin (18/10/2021). [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini