Bupati beri bantuan sambil sebut nama Jokowi, Mendagri tunggu keputusan Bawaslu

Rabu, 26 September 2018 13:04 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Bupati beri bantuan sambil sebut nama Jokowi, Mendagri tunggu keputusan Bawaslu Mendagri Tjahjo Kumolo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan mengecek video Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyerahkan bantuan kepada ASN sambil membawa-bawa nama Joko Widodo (Jokowi). Tjahjo menunggu keputusan Bawaslu apakah tindakan Hendrajoni bagian dari kampanye atau tidak.

"Saya belum tahu kalau kaitkan kampanye ya, ada Panwas dan Bawaslu. Kami nunggu Bawaslu. Itu bukan kewenangan kami," kata Tjahjo di Kantor Ombudsman, Jakarta Selatan, Rabu (26/9).

Tjahjo pun membebaskan seorang kepala daerah mendukung salah satu capres-cawapres di Pilpres 2019. "Begini kepala daerah itu pejabat politik, dia boleh mendukung capres A capres B, silakan bebas," kata Tjahjo.

Senada, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Sumarsono juga menunggu keputusan Bawaslu. Terkait apakah Hendrajoni akan diberikan peringatan, Sumarsono pun meminta kepada publik agar bersabar.

"Kami tidak bisa ngomong pelanggaran dan tidak berandai-andai dulu, karena memang tergantung klarifikasi. Kita nunggu surat dari Bawaslu," ungkap Sumarsono.

Beredar video Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni berdurasi 41 detik sedang memberikan bantuan kepada ASN dan tokoh masyarakat. Di video tersebut terlihat Hendrajoni memberikan bantuan sambil menekankan nama capres Joko Widodo.

"Dari Jokowi? Tahu kan Jokowi? Ingat ya," kata Hendrajoni sambil menunjuk bantuan tersebut lalu bersalaman dan berfoto dengan penerima bantuan. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini