Besok, 5.883.340 Warga Sumsel Mencoblos

Selasa, 16 April 2019 16:33 Reporter : Irwanto
Besok, 5.883.340 Warga Sumsel Mencoblos tps nuansa istana negara. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Sebanyak 5.883.340 warga Sumatera Selatan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan umum (pemilu) 17 April besok. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel menargetkan partisipasi mencapai 77,5 persen.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengungkapkan, pemilih tersebut dibagi dalam 25.326 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Sementara logistik sudah disebar ke TPS dengan pengawalan ketat TNI/polri.

"Total warga yang masuk DPT ada 5.883.340 orang. Kami harapkan semuanya dapat mencoblos," ungkap Kelly, Selasa (16/4).

Menurut dia, partisipasi pemilih ditargetkan sebesar 77,5 persen. Angka ini naik dari partisipasi pemilihan presiden 2014 di angka 71 persen.

"Jangan golput, gunakan hak pilih sebagai warga negara," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumsel M Adrian Agustiansyah mengatakan, pihaknya membuka posko pengaduan untuk mengantisipasi terjadinya maladministrasi yang dilakukan oknum di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) saat mengawasi Pemilu. Dia menilai Bawaslu merupakan sebuah lembaga pelayanan publik dalam hal pengawasan penyelenggaraan Pemilu.

"Masyarakat bisa langsung melapor ke kami jika mengetahui ada oknum Bawaslu yang menyalahgunakan kewenangannya dalam menindaklanjut laporan masyarakat. Seperti, mengetahui terjadinya dugaan politik uang, tapi lambat ditindaklanjuti atau tidak direspon," ujarnya.

Dirinya pun akan bergerak cepat untuk mencari bukti kebenaran laporan tersebut. Jika terbukti terjadinya maladministrasi yang dilakukan oknum Bawaslu dan Panwascam di semua daerah di Sumsel diberikan sanksi tegas.

"Silakan melapor, jangan takut, kami akan rahasiakan pelapor," tegasnya. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini