Berbagi Untung Golkar dan Ridwan Kamil

Kamis, 19 Januari 2023 07:03 Reporter : Ahda Bayhaqi
Berbagi Untung Golkar dan Ridwan Kamil Ridwan Kamil gabung Golkar. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah resmi menjadi anggota Partai Golkar. Kursi wakil ketua umum bidang penggalangan pemilih diberikan oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Bergabungnya Ridwan Kamil dinilai akan memberikan dampak strategis bagi partai berlambang beringin itu. Begitu juga Ridwan Kamil mendapatkan keuntungan dari Golkar. Hubungan RK dan Golkar dinilai bakal terjadi simbiosis mutualisme. Pertama, Ridwan Kamil bisa menjadi penarik suara alias vote getter kepada Golkar.

"Dengan bergabungnya Kang Emil ke Golkar, dia menjadi vote getter, pemeroleh suara," ujar Direktur Riset Indonesia Political Research dan Consulting (IPRC), Leo Agustin kepada wartawan, Kamis (19/1).

Menurut Leo, Golkar butuh kekuatan untuk menambah suara di beberapa daerah. Ridwan Kamil dinilai punya pengaruh di Jawa Barat. Apalagi tokoh yang dikenal dekat dengan kelompok muda.

"Golkar harus mencari orang orang terbaik di daerah-daerah. Salah satu yang terbaik di Jabar adalah Kang Emil, dia bukan cuma dicintai oleh Ibu Ibu muda, tetapi juga pemuda dan pemilih milenial," jelas Leo.

Sementara itu, Ridwan Kamil juga punya keuntungan sendiri bergabung dengan partai berlambang beringin. Golkar bisa jadi mesin bagi Ridwan Kamil untuk kampanye bahkan mendongkrak keterpilihannya.

"Kang Emil perlu sandaran, mau tidak mau yang bisa mendukung beliau dalam berbagai kebijakan, baik di level lokal maupun nasional. Bukan hanya sandaran, Kang Emil membutuhkan mesin politik yang bisa mendongkrak suaranya," ujar Leo.

Misal Ridwan Kamil tidak berlaga di Pilpres 2024, terbuka baginya untuk menyiapkan diri maju di Pilgub Jawa Barat 2024.

"Ada kesempatan beliau buka hanya menggunakan mesin partai Golkar untuk mengkampanyekan di level nasional, tetapi bisa untuk level provinsi," kata Leo.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Ridwan Kamil (RK) resmi bergabung ke Partai Golkar. Dia menyatakan bahwa semua indah pada waktunya.

“Aura Kasih naik Gocar ke Surabaya, perginya belanja baju kebaya. Terima kasih Golkar atas penerimaannya, mari bersama sejahterakan Indonesia,” katanya membuka pernyataannya di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (18/2).

“Semua indah pada waktunya, jadi ini adalah keindahan, waktu yang pas karena tadi saya menyatakan siap, terus berkhidmat kepada masyarakat, membangun melalui dimensi baru yaitu bergabung di partai politik,” sambung RK.

Selama 10 tahun mengabdi sebagai kepala daerah, akhirnya RK berlabuh ke Partai Golkar. Keputusan tersebut pun berasal dari pengamatan matang, salah satunya menelisik ke belakang tentang sejarah partai beringin tersebut.

"Partai Golkar itu sangat kuat sebagai simbol partai tengah, partai pancasilais, partai terbuka. Sehingga ini yang menjadi sebuah minat saya. Kedua, sejarah panjang Golkar menunjukkan institusi ini sangat terhormat, dan maju mundur besar kecilnya karena individunya," jelasnya.

Bagi RK, partai politik pada akhirnya akan mengambil keputusan yang menyangkut hajat hidup masyarakat luas. Di samping itu, hubungan komunikasinya dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga diakui sangat baik.

“Banyak hal yang kami sering diskusi dan hal-hal personal. Waktu saya ada musibah beliau datang lebih dari sekali menyampaikan simpati bagi saya, itu kemanusiawian dan humanis Pak Airlangga yang saya apresiasi,” ujarnya.

Kemudian, lanjut RK, dia membaca sejarah Partai Golkar yang selalu fokus membangun, progresif, yang menurutnya sejalan dengan sikapnya selama menjadi kepala daerah. Dia membahasakan dengan membereskan yang semerawut, meluruskan yang bengkok.

“Dengan pertimbangan-pertimbangan tadi dan mendapatkan restu dari keluarga, saya masih punya ibu, datang lah ke hari ini. Jadi saya per hari ini saya sudah menjadi kuning, sudah ber-KTA,” tutup RK. [ray]

Baca juga:
Ridwan Kamil Cerita Kedekatannya dengan Airlangga, Bikin Mantap Gabung Golkar
Bukan Cawapres, Golkar Sebut Peluang Besar Ridwan Kamil di Pilgub Jabar
Ridwan Kamil Jadi Vitamin Tambahan Bagi Golkar
Ridwan Kamil Janji Kampanyekan Airlangga Capres ke Berbagai Daerah
Ridwan Kamil Jadi Kandidat Cawapres 2024, Ini Reaksi Airlangga

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini