Belum Pernah Berkoalisi, Apa yang Buat PKB Yakin Menang Bersama Gerindra?

Sabtu, 2 Juli 2022 09:04 Reporter : Merdeka
Belum Pernah Berkoalisi, Apa yang Buat PKB Yakin Menang Bersama Gerindra? Prabowo dan Cak Imin. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat berjalan dan bekerja sama untuk Pemilu 2024. Termasuk Pemilihan Presiden. Kesepakatan ini setelah kedua ketua umum yakni Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar bertemu.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, kerja sama kedua partai semakin matang setelah pertemuan kedua elite parpol beserta ketua DPW PKB dan DPD Gerindra se-Indonesia di Jakarta pada Kamis (30/6) malam. Kedua partai mulai memanaskan mesin politiknya.

"Mesin politik PKB dan Gerindra sama-sama langsung hidup. Itu menurut saya pertanda yang baik. Artinya PKB dan Gerindra sama-sama memiliki keyakinan untuk menang. Dua mesin politik ini begitu connect dan langsung jalan,” ujar Jazilul kepada wartawan, Sabtu (2/7).

Kedua partai tidak memiliki jejak sejarah koalisi. Namun PKB meyakini akan menang bersama gerindra. Faktornya adalah duet Prabowo dan Muhaimin. Jazilul kembali menegaskan kesepakatan kerjasama kedua partai. Sudah ada hitungan politik ketika dua partai ini mengusung duet Prabowo-Muhaimin atau Muhaimin-Prabowo, hasilnya akan sukses di Pemilu 2024.

"Keduanya punya mesin komando kepada struktur partai sampai tingkat bawah. Masing-masing punya plus minusnya, tapi kami sudah berhitung. Gus Muhaimin dan Pak Prabowo, punya dua kekuatan yakni sama-sama ketum parpol. Soal siapa nanti yang menjadi capres atau cawapres, tinggal dibicarakan," katanya.

2 dari 2 halaman

Belum Pernah Koalisi

Dia meyakini koalisi PKB-Gerindra akan menang meskipun selama ini belum pernah berkoalisi. Bahkan dia menyebut bertemunya dua partai ini sebagai kekuatan yang dahsyat. 

"Jadi, koalisi ini dibangun untuk menang, bukan hanya untuk bisa nyalon. Kalau cuma untuk bisa menjadi calon, PKB punya banyak pilihan,” katanya.

Dari pemilu ke pemilu, PKB hanya menjadi pengusung. PKB menginginkan pada Pemilu selanjutnya, sang ketua umum maju dalam pertarungan pilpres 2024. Terlebih dipasangkan dengan Prabowo Subianto.

"Pak Prabowo juga diterima oleh para kiai, Pak Muhaimin juga memiliki hubungan yang baik dengan kiai dan para tokoh nasionalis yang lain," tuturnya.

PKB memastikan tidak menutup diri terhadap kemungkinan bergabungnya parpol lain dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya ini. Seperti PKS atau partai lainnya. [noe]

Baca juga:
Akhir Juli 2022, Gerindra Akan Kukuhkan Prabowo Subianto Sebagai Capres
Ditanya Kemungkinan Maju Pilpres 2024, Sandiaga Uno: Saya Dibesarkan Gerindra
Peta Politik Terkini PDIP Jelang Pemilu 2024
Bamsoet Bertemu Surya Paloh Bahas Pilpres 2024 hingga Persatuan Rakyat
Reaksi Surya Paloh soal Pertemuan SBY-JK di Cikeas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini