Belum Bertemu Ketum Parpol Lain, Puan: Bukan Berarti PDIP Tak Mau Kerja Sama

Sabtu, 25 Juni 2022 14:39 Reporter : Merdeka
Belum Bertemu Ketum Parpol Lain, Puan: Bukan Berarti PDIP Tak Mau Kerja Sama Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat Festival Bakar Ikan Nusantara. ©2022 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menegaskan partainya tetap akan menjajaki kerja sama dengan partai-partai politik lainnya untuk menghadapi Pilpres 2024. Meskipun belum juga bertemu resmi dengan ketua umum parpol lain, bukan berarti pihaknya tak mau menjalin kerja.

"Kerja sama dengan partai lain kita akan jajaki. Jadi jangan kemudian, karena belum ketemu sama ketua umum parpol lain, (PDIP) enggak mau kerja sama," kata Puan pada acara Festival Bakar Ikan Nusantara di JCC Senayan Jakarta, Sabtu (25/6).

Dia menjelaskan, Ketua Umum PDIP Megawati Soearnoputri telah bertemu dengan semua ketua umum partai politik di Istana Kepresidenan, salah satu momennya saat reshuffle kabinet. Hanya, Puan mengakui PDIP belum khusus bertemu dengan para ketua umum partai politik.

"Waktu di istana kan Ibu Megawati bertemu dengan semua ketum parpol lain kan, cuma belum sempat bersilaturahmi," ujarnya.

2 dari 4 halaman

Tugas dari Megawati

Puan menyampaikan dirinya telah ditugaskan Megawati untuk bersilaturahmi dengan semua ketua umum partai politik. Saat ini, Puan masih mengatur waktu yang tepat untuk sowan ke masing-masing ketua umum parpol.

"Nanti saya juga ditugaskan dengan Ibu Ketua Umum Partai sebagai Ketum DPR akan bersilaturahmi dengan semua ketua umum," jelasnya.

"Untuk membangun bangsa tidak mungkin sendiri-sendiri. Jadi kerja sama, kebersamaan, gotong-royong sangat penting untuk 2024," sambung Puan.

Terkait wacana dirinya berduet dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Puan menuturkan bahwa hal tersebut merupakan hak prerogatif Megawati. Hal ini sebagaimana rekomendasi Rakernas II PDIP beberapa waktu lalu.

"Kemarin di Rakernas sudah disampaikan bahwa hak prerogatif menentukan bacapres atau bakal cawapres, capres dan cawapres PDI Perjuangan adalah hak prerogatif Ibu ketua umum. Tentu saja, bagaimana perhitungan itu Ibu Megawati yang menentukan," tutur Puan.

3 dari 4 halaman

Ikut Bakar Ikan

Sebelumnya, pada acara Festival Ikan Bakar Nusantara, Puan ikut mencoba memasak ikan bakar bersama para peserta lainnya. Seusai menyampaikan pidato, dia lalu memakai celemek dan membakar satu ikan.

Setelah itu, Puan pun mencicipi ikan bakar yang sudah dimasak dengan matang. Ketua DPR RI itu mengatakan ikan yang segar atau fresh sangat enak untuk disantap, meskipun tanpa sambal.

"Kalau ikan enggak fresh itu mau diapain juga enggak enak, amis. Yang penting itu, kalau ikan, seafood mau laut mau tawar harus fresh," jelas Puan saat berpidato.

"Kalau ikan fresh itu enggak diapa-apain juga udah enak tinggal dicocol udah enak, pakai cabe rawit, pakai sambal, enggak usah pake dabu-dabu repot, pake kecap udah enak," sambungnya.

4 dari 4 halaman

PDIP Bersama Wong Cilik

Total ada 100 kilogram ikan segar yang dibakar oleh peserta. Puan menyebut hal ini menandakan tingginya antusiasme kader PDIP dalam memperingati Hari Bulan Bung Karno bersama dengan rakyat.

"Ini PDI Perjuangan ini ya kelihatannya aja keren padahal hatinya itu tetap bersama wong cilik, tetap bersama dengan rakyat," ujarnya.

Puan mengaku selalu menyempatkan untuk mencicipi makanan khas apabila berkunjung ke suatu daerah. Menurut dia, makanan yang enak membuat mood-nya meningkat serta dapat mengetahui kebiasaan masyarakat setempat.

"Kalau kemudian makanannya enggak enak itu bikin mood saya itu jadi turun, mau Warung Soto kayak di pinggir jalan mulai sehat enggak apa-apa, yang penting bersih dan siapin saya makanan, karena saya mau tahu di situlah gimana sebenarnya kebiasaan orang-orang di situ," tutur Puan.

Reporter: Lizsa Egeham/Liputan6.com. [yan]

Baca juga:
PDIP Tanya Ganjar Usai Bertemu dengan AHY di Masjid: Itu Kebetulan
Momen Penting Puan Maharani dan Ganjar Pranowo saat Rakernas II PDIP
Pertemuan SBY-JK dan AHY-Paloh Dinilai Sinyal Persiapan Kalahkan PDIP
Ganjar-AHY Salat Bareng di Masjid, Demokrat: Orang Baik Bertemu di Tempat Baik
Demokrat: Sulit Dipahami Sesama Partai Nasionalis, PDIP Menolak Kerja Sama

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini