Banyak dipuji, akankah pidato Jokowi di KAA terealisasi?

Jumat, 24 April 2015 08:41 Reporter : Mardani
Banyak dipuji, akankah pidato Jokowi di KAA terealisasi? Tantowi Yahya. Merdeka.com/Dwi Narwoko
2. Tantowi Yahya

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi I DPR, Tantowi Yahya mengaku melihat banyak hal menarik dari Konferensi Asia Afrika ke-60. Salah satunya adalah pidato Presiden Joko Widodo yang keras terhadap sejumlah isu.

"Banyak yang menarik dari KAA ini, satu di antaranya adalah keberanian lndonesia untuk bersuara keras menyatakan sikap. Selama ini politik luar negeri kita itu terkesan cari aman dengan pondasi bebas aktif," kata Tantowi di Gedung DPR, Senayan, Kamis (23/4).

"Di zaman SBY, politik luar negeri kita dibuat mandul lagi lewat slogan 'Sejuta Kawan Tidak Ada Musuh'. Namun saat ini, jangankan dunia, kita pun terkaget-kaget dengan keberanian ini," katanya menambahkan.

Namun demikian, dia mengaku akan memperhatikan ke depannya, apakah pidato Jokowi itu benar-benar akan direalisasikan atau hanya menjadi pemanis saja dalam KAA.

"Hanya saja perlu dikaji lebih jauh lagi pernyataan gagah berani Jokowi itu, terkait dengan sudahkah saatnya kita meninggalkan instrumen keuangan buatan barat itu, dan apakah hal itu sama dengan nuansa 'Go to hell with your aid' yang diteriakkan oleh Bung Karno? Time will tell," pungkasnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini