Banyak dipuji, akankah pidato Jokowi di KAA terealisasi?

Jumat, 24 April 2015 08:41 Reporter : Mardani
Banyak dipuji, akankah pidato Jokowi di KAA terealisasi? Ganjar Pranowo.
3. Ganjar Pranowo

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai pidato Presiden Joko Widodo ( Jokowi) dalam pembukaan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) dahsyat. Namun, menurut Ganjar, lebih menarik lagi jika pidato Jokowi yang telah membangkitkan solidaritas negara-negara Asia Afrika ada tindak lanjutnya.

Dua di antara contoh konkret tindak lanjut tersebut adalah bagaimana negara-negara KAA bisa berjuang secara bersama-sama untuk memerdekakan Palestina.

"KAA dulu diadakan kurang lebih 30 negara lebih merdeka paska itu. Sekarang punya agenda, memerdekakan atau membantu Palestina untuk merdeka. Itu dahsyat itu dan itu membangkitkan semangat," ungkap Ganjar Pranowo di sela-sela acara 'Ngopi Bareng Ganjar' yang digelar secara santai bersama di Kantin Fakultas Fisip Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) di Surakarta, Jawa Tengah Kamis (23/4).

Ganjar sampai saat ini menunggu apa langkah selanjutnya negara-negara KAA terkait pidato Jokowi tersebut. Paling tidak, kata dia, ada efek dari pidato Jokowi berupa 'Jokowi Inisiatif' untuk dijadikan pijakan dalam KAA.

"Saya tinggal menunggu saja, solidaritas antar bangsa-bangsa ini muncul di KAA maka kita akan masuk bagaimana kerjasama ekonomi menjadi penting. Karena gonjang-ganjing ekonomi ini mesti ada karena harus didorong. Saya kira bisa dilakukan semacam Jokowi Inisiatif," jelas mantan anggota DPR dua periode ini.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini