Bamsoet soal angket: Demokrat dukung, Amien Rais sangat keras dukung

Kamis, 26 Maret 2015 16:04 Reporter : Rizky Andwika
Bamsoet soal angket: Demokrat dukung, Amien Rais sangat keras dukung Bambang Soesatyo . merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Fraksi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) merasa yakin hak angket yang digulirkan Koalisi Merah Putih (KMP) ke Menkum HAM Yasonna Laoly gagal di rapat paripurna nanti. Alasannya, dua fraksi yakni PAN dan Demokrat sudah menyatakan untuk tidak ikut-ikut pengajuan hak angket ini.

Namun Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR kubu Bambang Soesatyo menyebut nantinya PAN dan Demokrat akan ikut menggulirkan hak angket. Meskipun dia mengakui jika dua partai itu menyatakan tidak ikut dalam hak angket.

"Demokrat walaupun tidak ikut tapi Saya yakin 1.000 persen Demokrat akan dukung. Dalam politik itu kan apa yang dibicarakan belum tentu apa yang dimaksud," kata Bambang di Fraksi Golkar, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/3).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini juga tak percaya penuh dengan ucapan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menginstruksikan fraksi PAN menolak hak angket. Menurut dia, tokoh sentral PAN, Amien Rais setuju dengan pengajuan angket ini.

"Apa yang dibicarakan belum tentu apa yang dimaksud. Soal PAN kami sudah bicara dengan Amien Rais. Beliau sangat keras mendukung hak angket ini. Beliau pendiri PAN dan tokoh bangsa, beliau dukung karena ini bukan hanya soal Golkar dan PPP tapi soal bangsa," katanya.

Lebih lanjut, ia mengutip pernyataan Zulkifli Hasan yang tetap setia membawa PAN tetap di KMP. Sehingga, ia yakin PAN sejalan dengan KMP soal hak angket.

"Kalau dia katakan tetap di KMP ya itulah sikapnya (mendukung hak angket)" simpulnya.

Oleh karena itu, Anggota Komisi III DPR ini yakin akan menang soal hak angket di paripurna nanti. "Kalau mereka klaim kita kalah, kita lihat saja. Coba dulu banyak yang bilang kita bakal kalah dari KIH soal paket pimpinan MPR, tapi nyatanya kita yang menang," imbuhnya.

Seperti diketahui, Koalisi Indonesia Hebat merasa yakin angket untuk Yasonna tidak akan mendapat persetujuan dalam rapat paripurna. Keyakinan ini bukan tanpa sebab. Karena sejauh ini yang mendukung penuh angket hanya PKS dan Gerindra saja.

Sementara Golkar tidak utuh mendukung karena kubu Agung Laksono tegas menolak. PAN dan Demokrat juga menyatakan tidak akan ikut-ikutan mendukung angket ini. Sisanya, PDIP, NasDem, PKB, Hanura menolak digulirkan angket ini. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini