Bamsoet: Pembahasan PPHN Kurang Bijaksana Jika Didasarkan Sikap Setuju atau Tidak

Kamis, 28 Oktober 2021 12:18 Reporter : Ahda Bayhaqi
Bamsoet: Pembahasan PPHN Kurang Bijaksana Jika Didasarkan Sikap Setuju atau Tidak Bambang Soesatyo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet mengatakan, pembahasan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) kurang bijaksana jika mendasarkan pada sikap politik setuju dan tidak setuju. Dia menegaskan kembali pentingnya keberadaan haluan negara.

"Perlu saya tegaskan, dalam pembahasan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), kiranya kurang bijaksana jikalau hanya mendasarkan pada sikap politik setuju atau tidak setuju, yang kemudian dicari berbagai alasan afirmatif untuk mendukung sikap tersebut,” katanya dalam Kongres Kebangsaan yang digelar MPR RI, Kamis (28/10).

Menurutnya, perlu perencanaan pembangunan yang tidak secara fragmentaris. Perlu rencana matang dan terintegrasi dengan seluruh wilayah di Indonesia.

PPHN, kata politikus Golkar ini, juga mendesak diperlukan untuk mewujudkan pembangunan nasional yang selaras dan konsisten dengan paradigma Pancasila. Serta berkesinambungan dan berkelanjutan secara lintas periode pemerintahan

Bamsoet menerangkan, Indonesia tidak akan maju jika setiap pergantian presiden dan kepala daerah terus berganti haluan.

"Saya tidak bisa membayangkan jika setiap pergantian pemimpin nasional, kita juga berganti haluan. Saya jamin, kita tidak akan maju-maju kalo setiap pergantian pimpinan nasional maupun daerah terjadi perubahan haluan," ujarnya.

MPR periode 2014-2019 merekomendasikan dibentuknya Pokok-Pokok Haluan Negara untuk mewujudkan visi misi negara yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

"Cita-cita mewujudkan visi-misi negara yang bersifat prinsipil tersebut, tentunya harus diterjemahkan dalam rujukan haluan negara, yang idealnya menjadi wewenang seluruh rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara, dan direpresentasikan melalui lembaga perwakilan," tutup Bamsoet. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini