Bamsoet Disebut Bimbang Maju Caketum, Ingat Diberi Kursi Ketua DPR oleh Airlangga

Rabu, 20 November 2019 17:19 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Bamsoet Disebut Bimbang Maju Caketum, Ingat Diberi Kursi Ketua DPR oleh Airlangga bamsoet dan airlangga di acara caleg golkar. ©2019 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Loyalis Airlangga Hartarto Roem Kono mengungkapkan, Bambang Soesatyo dalam kondisi 'bimbang' maju sebagai calon ketua umum di Munas Golkar Desember mendatang. Dia menyebut, Bamsoet sebenarnya punya hasrat maju, namun menimbang kesepakatan dengan Airlangga.

Sebab, menurutnya, Airlangga dan Bamsoet sudah membuat kesepakatan jauh sebelum Munas. Kesepakatan itu dibuat sejak Bamsoet akan diusung Golkar menjadi Ketua DPR hingga Ketua MPR.

"Saya kira tetap punya niatan tapi dia mempunyai pandangan mengenai komitmen-komitmen yang sudah dibangun. Komitmen-komitmen itu sudah dirintis sejak awal, sejak dulu, waktu Pak Bamsoet jadi Ketua DPR, Ketua MPR," kata Roem saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (20/11).

Untuk itu, kata Roem, Bamsoet mungkin merasa 'timbang rasa' terhadap Airlangga karena dipercaya menjadi Ketua DPR dan MPR. Apalagi, belum ada pernyataan dari Bamsoet untuk deklarasi menjadi pesaing Airlangga di Munas.

"Saya kira ini suatu timbang rasa Bamsoet ke depan. Dan itu komitmen harus dipertimbangkan betul-betul ya," tegas Roem.

Ketua Umum MKGR itu tak mau membocorkan isi kesepakatan Airlangga dan Bamsoet. Dia mengklaim banyak kader Golkar juga tidak tahu perihal kesepakatan itu.

"Ada kesepakatan yang sudah dibangun sama Pak Airlangga dan mungkin hanya berdua saja yang tahu dan Tuhan. Elite sampai sekarang enggak ada yang tahu. Hanya berdua saja yang tahu," ungkap dia.

1 dari 3 halaman

Airlangga Tak Langgar Kesepakatan

Roem juga meluruskan, tidak ada satupun kesepakatan yang dilanggar oleh Menko Perekonomian tersebut terhadap Bamsoet. Contohnya saja, Golkar mati-matian memperjuangkan Bamsoet duduk di kursi pimpinan MPR melawan Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra.

"Tidak ada yang dilanggar, berjalan bagus. Kemarin waktu MPR mendukung Mas Bambang semua bulat memenangkan Pak Bambang jadi Ketua MPR. Tidak ada yang dilanggar sama sekali," klaim Roem.

2 dari 3 halaman

Bamsoet Disebut Pasti Maju Munas

Ketua Timses Bamsoet, Ahmadi Noor Supit menegaskan, Bamsoet sudah pasti maju di Munas awal Desember nanti. Tapi, dia menggarisbawahi, Bamsoet maju bukan karena keinginan sendiri, tapi karena dorongan pendukung yang ingin perubahan di partai beringin.

"Mereka yang sayang pada Golkar yang cinta pada Golkar mengevaluasi Golkar setelah 3 kali kalah berturut-turut dalam pemilu. Mereka bertekad untuk bagaimana mengembalikan Golkar jadi partai terpercaya bahkan mungkin jadi partai unggul tob or not to be, kita mewakili itu," jelas Supit.

3 dari 3 halaman

Kubu Bamsoet Sebut Ada Kesepakatan Dilanggar

Supit juga mengungkap hal yang membuat Bamsoet kembali meramaikan kontestasi Munas setelah sebelumnya memutuskan untuk cooling down. Dia menilai, soal kesepakatan yang disinggung Airlangga di Rapimnas sudah clear di tingkat internal. Menurut dia, Airlangga yang melanggar kesepakatan itu.

"Itu kita clear, yang sedang terjadi saat itu, realisasinya seperti apa kita menganggap bahwa yang wanprestasi bukan kita, yang wanprestasi adalah Airlangga," kata Supit saat dihubungi merdeka.com, Senin (18/11).

Sayang, Supit tak mau merinci detil apa saja syarat-syarat dari sebuah kesepakatan tersebut. Dia hanya menegaskan, terjadinya kesepakatan apabila kedua belah pihak memenuhi syarat-syarat tersebut. [ray]

Baca juga:
Bendum Golkar: Airlangga Pembantu Presiden, Bamsoet yang Melantik, Hebat Mana?
Bamsoet Batalkan Kesepakatan dengan Airlangga
Bamsoet akan Deklarasi Sebagai Calon Ketum Golkar
Golkar se-Sulsel Solid Dukung Airlangga di Munas
Dukungan DPD I Kepada Airlangga Hartarto Dipastikan Hasil Musyawarah Mufakat

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini