Bahas persiapan Pilkada dan Pemilu, Wiranto sambangi KPU

Selasa, 6 Maret 2018 13:58 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Bahas persiapan Pilkada dan Pemilu, Wiranto sambangi KPU Wiranto sambangi Gedung KPU. ©2018 Merdeka.com/Genan

Merdeka.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyambangi Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (6/3). Kedatangannya guna membahas peningkatan koordinasi antara KPU dan pemerintah jelang Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019.

"Ini untuk melakukan suatu komunikasi dan koordinasi. Karena kita menyadari bersama-sama kita punya peran yang sama-sama untuk sukseskan Pilkada Serentak dan sukses pemilu presiden dan wakil presiden, pemilu legislatif ya di tahun 2019 nanti," kata Wiranto di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (6/3).

"Nah ini kan butuh persiapan dan persiapan sudah dilakukan. Tetapi kita ingin persiapan itu ada sinkronisasi antara penyelenggara pemilu KPU, KPUD dan pemerintahan sebagai fasilitator," tambahnya.

Wiranto menyadari menjelang Pilkada masih banyak hal-hal yang mesti dikoordinasikan. Koordinasi ini guna menyempurnakan persiapan Pilkada maupun Pemilu nanti supaya berjalan dengan matang. Rencananya minggu depan pihaknya bersama Kementerian/Lembaga terkait juga akan melakukan rapat koordinasi.

"Tadi kami juga sepakat minggu depan akan ada satu rapat koordinasi lengkap antara KPU dan pemerintah yang akan menyelesaikan berbagai masalah, Berbagai kekurangan yang sampai saat ini belum terselesaikan. Intinya begitu, hari ini saya datang kemari sudah kita sepakati melakukan kerja sama secara lebih rapi," paparnya.

Menurut Wiranto, beberapa masalah yang perlu dimatangkan dalam Pilkada maupun Pemilu antara lain penyiapan fasilitas, jumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan logistik.

"Dan beberapa daerah yang e-KTP nya masih perlu ada perhatian khusus. Tapi akan diselesaikan kalo kita bersama sama duduk, bicara dan menyelesaikan masalah. Karena ini merupakan tugas kita bersama, bukan hanya KPU dan pemerintah tapi juga masyarakat, pemilu, partai politik juga ikut tanggung jawab Pilkada dan pemilu serentak nanti," ujarnya. [rzk]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini