Arief Budiman Soal Dicopot DKPP: Saya Tak Melakukan Pelanggaran Mencederai Pemilu

Kamis, 14 Januari 2021 08:56 Reporter : Ahda Bayhaqi
Arief Budiman Soal Dicopot DKPP: Saya Tak Melakukan Pelanggaran Mencederai Pemilu Ketua KPK Arief Budiman. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua KPU Arief Budiman diberhentikan dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Sebab, Arief dianggap telah melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilu.

Menanggapi putusan tersebut, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, dirinya tidak pernah melakukan pelanggaran dan kejahatan yang mencederai integritas Pemilu.

"Saya tidak pernah melakukan pelanggaran dan kejahatan yang mencederai integritas Pemilu," kata Arief kepada wartawan dikutip Kamis (14/1).

Adapun perkara yang menjerat Arief adalah masalah kode etik karena mendampingi Evi Novida Ginting melakukan gugatan ke PTUN karena dipecat sebagai anggota KPU berdasarkan putusan DKPP. Arief dinilai membangkang dan melawan putusan DKPP tersebut.

Arief pun belum memberikan tanggapan lebih jauh atas perkaranya. Ia mengatakan menunggu hasil putusan resmi.

"Kita tunggu, kita pelajari barulah nanti bersikap kita mau ngapain," katanya.

Sementara itu, KPU akan menggelar rapat pleno untuk menentukan sikap terhadap putusan DKPP tersebut.

"Pleno untuk mengambil keputusan apakah akan dilaksanakan atau tidak putusan DKPP," jelas anggota KPU RI Evi Novida Ginting.

Diberitakan sebelumnya, DKPP menjatuhkan sanksi pemberhentian dari jabatan kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Sanksi tegas ini tercatat dalam sidang perkara nomor 123-PKE-DKPP/X/2020.

"Menjatuhkan sanksi Peringatan Keras Terakhir dan Pemberhentian dari Jabatan Ketua KPU RI kepada Teradu Arief Budiman selaku Ketua KPU RI sejak putusan ini dibacakan," kata Ketua Majelis, Prof. Muhammad, saat membacakan putusan di Ruang Sidang DKPP, Rabu 13 Januari 2021. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini