Apa Kabar Para Menteri Jokowi yang Nyaleg di Pemilu 2019, Lolos ke DPR?

Senin, 6 Mei 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah
Apa Kabar Para Menteri Jokowi yang Nyaleg di Pemilu 2019, Lolos ke DPR? Presiden Jokowi dan Menko PMK Puan Maharani di Cirebon.. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Banyak menteri-menteri yang duduk dalam kabinet kerja Presiden Jokowi ikut nyaleg dalam Pemilu 2019. Bagaimana hasil perolehan suara mereka? Apakah akan lolos ke Senayan.

Seperti diketahui, beberapa menteri dari Kabinet Kerja dari berbagai partai politik ikut nyaleg. Seperti Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menkum HAM Yasonna Laoly dan menteri dari PPP serta PKB.

Berikut prediksi peluang para menteri Kabinet Kerja yang nyaleg dalam Pemilu 2019?

1 dari 4 halaman

Puan Maharani Diprediksi Lolos ke Senayan

Ketua DPP PDIP Puan Maharani kembali menjadi jawara di Dapil Jawa Tengah V pada Pileg 2019. Perolehan suara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan tersebut jauh di atas kontestan lainnya di Dapil yang meliputi Solo, Sukoharjo, Klaten dan Boyolali.

Politikus PDIP Aria Bima mengklaim perolehan suara Puan Maharani mencapai 420 ribu suara. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan Pileg tahun 2014 sebanyak 369.927 suara. Dengan kata lain, Puan Maharani diprediksi lolos menjadi anggota DPR.

"Mbak Puan Maharani perolehan suaranya paling banyak, sekitar 420 ribu suara. Seluruh kekuatan partai memang kita kerahkan untuk men-support Mbak Puan," kata Aria Bima.

2 dari 4 halaman

Bagaimana dengan Yasonna Laoly?

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang maju sebagai caleg dari PDIP maju dari daerah pemilihan (Dapil) Sumut I meliputi daerah Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi.

Yasonna yakin dan optimis bisa lolos menjadi anggota DPR untuk periode 2019-2024. "Sudah diprediksi kira-kira begitu (lolos), langkahnya sudah memenuhi syarat," kata Yasonna.

Yasonna sebelumnya pernah duduk sebagai anggota DPR RI pada periode 2004 – 2009 di Komisi II dengan lingkup tugas di bidang dalam negeri, sekretariat negara, dan pemilu.

3 dari 4 halaman

Menteri Lukman Diprediksi Tak Lolos

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang maju dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari Dapil Jawa Barat VI mencakup Kota Depok dan Kota Bekasi diprediksi tidak lolos ke Senayan.

"Sepertinya PPP tidak dapat kursi di Dapil itu. Sehingga tidak lolos," kata Sekjen PPP Arsul Sani.

Sebelum menjadi Menteri, Lukman pernah menjadi anggota DPR RI periode 1999-2004, 2004-2009 dan 2009-2014 dari Partai Persatuan Pembangunan mewakili Jawa Tengah. Ia juga pernah menjabat Wakil Ketua MPR RI periode 2009-2014.

4 dari 4 halaman

Nasib Menteri dari PKB?

Sedangkan nasib menteri-menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) juga diprediksi belum aman untuk melaju ke DPR. Menteri tersebut terdiri dari Menteri Desa Eko Putro Sanjojo, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menpora Imam Nahrawi.

Menteri Eko maju di Dapil Bengkulu, Hanif di Jawa Barat VI mencakup Kota Depok dan Kota Bekasi, dan Nahrawi yang maju di Dapil DKI I.

"Kayaknya semua masih dihitung ya," kata Politisi PKB Daniel Johan saat dikonfirmasi. [has]

Baca juga:
Penjelasan KPU Lambatnya Rekapitulasi Suara Luar Negeri
Gelembungkan Suara Caleg Petahana, 2 Anggota PPK di Riau Dipecat
Ramadan Usai Pemilu, MUI Ingatkan Saling Mengendalikan Diri
Jokowi Dapat Ucapan Selamat Pemilu Indonesia Berjalan Demokratis dari PM Australia
Menhan Ryamizard Ingatkan Agar Tak Ada Aksi Turun ke Jalan Protes Pemilu 2019
KPU Kalteng: 70 Petugas Pemilu Sakit, 4 Meninggal Dunia

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini