Anies jadi Capres NasDem, Siapa Sosok Cawapres yang Layak?

Rabu, 5 Oktober 2022 05:33 Reporter : Alma Fikhasari
Anies jadi Capres NasDem, Siapa Sosok Cawapres yang Layak? NasDem deklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Namun, Anies belum disandingkan dengan siapapun sebagai pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024.

Lantas, siapa sosok calon wakil presiden (Cawapres) yang tepat untuk Anies Baswedan?

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah menyebut sosok cawapres untuk Anies Baswedan tergantung dari calon partai koalisi NasDem, yang mana saat ini NasDem digadang-gadang dekat dengan PKS dan Partai Demokrat.

Nama yang cocok untuk berpasangan dengan Anies, kata Trubus, yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kalau misalnya deklarasi sama demokrat ya AHY. Pemilih muda atau milenial akan banyak mengarah ke mereka," kata Trubus, kepada wartawan, Selasa (4/10).

Namun, tak menutup kemungkinan sosok dari PKS yakni Zulkieflimansyah yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Trubus menilai Zulkieflimansyah bisa saja menjadi cawapres potensial untuk Anies Baswedan mewakili wilayah Indonesia Timur. Akan tetapi, hal itu sulit dilakukan lantaran PKS tidak pernah solid untuk mengusung satu tokoh internal.

"Dia (Zulkieflimansyah) mewakili Indonesia timur, tetapi sayangnya PKS enggak pernah solid dari dulu. Buktinya, harusnya jatah Wagub DKI dari PKS, bukan Riza Patria," ucapya.

2 dari 3 halaman

Saat ditanya soal sosok cawapres di luar calon partai koalisi NasDem, Trubus menilai, sosok Ridwan Kamil cocok untuk mendampingi Anies Baswedan.

"Kalau Ridwan Kamil bisa, cuma apakah partai pendukungnya mau? Misalnya PKS mau, tetapi hanya PKS dan NasDem saja enggak cukup, harus tambah satu partai lagi. Kalau misalnya tambah Demokrat dan mereka mau ridwan kamil, ya, sangat bagus itu. Luar biasa itu," jelasnya.

Dia juga menyebutkan tidak tertutup kemungkinan Anies Baswedan akan mengulangi Pilgub DKI yang berpasangan dengan Sandiaga Uno.

"Persoalannya apakah Gerindra mau melepas Sandiaga Uno, walaupun dia arahnya seperti ingin mendekati Anies, karena dia di Gerindra sendiri sudah tidak pernah dikasih kesempatan untuk capres, seperti 'dikangkangi' oleh Prabowo," imbuh Trubus.

3 dari 3 halaman

Data Versi Lembaga Survei

Survei Mujani And Research Consulting (SMRC) membuat simulasi pasangan capres-cawapres untuk Pemilu 2024. Hasilnya pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan menempati urutan teratas sebanyak 29,8 persen.

"Anies-AHY mendapatkan 29,8 persen suara, Ganjar-Airlangga 28,5 persen, dan Prabowo-Puan memperoleh 27,5 persen. Masih ada 14,3 persen yang belum menjawab atau tidak tahu," ungkap ilmuan politik SMRC Prof. Saiful Mujani dalam surveinya yang dirilis hari ini, Kamis (21/4).

Sementara dari survei Survei Charta Politika yang dirilis pada Juni 2022, jika Anies dipasangkan dengan Agus Yudhoyono, maka elektabilitasnya sebanyak 28,8 persen.

Dalam survei Indikator, Ridwan Kamil Barat berada di urutan kedua sebagai cawapres dengan meraih 15,3 persen. Tepat di bawah Sandiaga Uno yang berada di urutan pertama dengan raihan 25 persen.

Dalam survei tersebut, disimulasikan 12 nama calon wakil presiden dari pertanyaan siapa wakil presiden yang akan dipilih jika Pilpres diadakan saat ini. [ded]

Baca juga:
Peluang jadi Cawapres Anies, AHY: Semua Itu Mungkin Terjadi
AHY Mengaku Banyak Kecocokan dengan Anies Baswedan
Anies Baswedan Resmikan Rumah Susun Asrama Polri di Menteng
Lokasi Terdampak Banjir di Jakarta Meluas jadi 31 Titik, 50 Jiwa Mengungsi
Untung Rugi NasDem Usung Anies Baswedan Capres
CEK FAKTA: Hoaks, Anies Baswedan Sujud ke Jokowi di Istana Negara

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini