Anies, Ganjar dan AHY Masuk Survei Internal PKS

Selasa, 15 Juni 2021 17:08 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Anies, Ganjar dan AHY Masuk Survei Internal PKS 3 Gubernur Lakukan Any Song Challenge. Instagram/@ridwankamil ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Tiga tokoh yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dilirik PKS untuk Pilpres 2021. Ketiga tokoh itu disebut telah disimulasikan bersama kader PKS yang bakal diusung menjadi calon Presiden.

"Tentu kami sudah punya simulasinya," kata Ketua Departemen Politik DPP PKS Nabil Ahmad Fauzi saat dihubungi merdeka.com, Selasa (15/6).

Dalam penentuan Capres, kata Nabil, PKS tetap akan menunggu sidang Majelis Syuro. Sambil berproses, PKS intensif membangun komunikasi baik dengan Anies, Ganjar atau AHY.

"Dengan Anies dalam kapasitas sebagai Gubernur, tentu PKS punya komunikasi yang intensif. Kalau dengan AHY, sebagai ketum Demokrat dan sesama partai di luar pemerintahan, kami juga punya komunikasi yang baik. Begitupun dgn Ganjar, komunikasi kami juga baik," ujar dia.

Nabil melanjutkan, PKS memiliki beberapa pertimbangan dalam mengusung capres dari eksternal. Pertama, koalisi partai pengusung memenuhi ambang batas pencalonan presiden.

Kedua, tingkat keterpilihan capres-cawapres. Dan terakhir, PKS mensyaratkan kesepakatan antarpartai pengusung calon.

"Untuk sampai pada tiga hal tersebut kan perlu dialog intense & kajian bersama antar partai koalisi," tutup dia. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini