Anies Bertemu AHY, Demokrat Sebut SBY yang Menentukan Siapa Capres Diusung

Jumat, 7 Oktober 2022 18:18 Reporter : Ahda Bayhaqi
Anies Bertemu AHY, Demokrat Sebut SBY yang Menentukan Siapa Capres Diusung Anies Baswedan Temui AHY. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah bertemu dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, Demokrat belum mengikuti langkah NasDem yang telah deklarasi Anies sebagai calon presiden.

Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPP Partai Demokrat Herman Khaeron mengatakan, Demokrat punya mekanisme sendiri. Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan memutuskan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung partai berlambang bintang mercy itu.

"Saya kira tunggu saja, mekanisme di partai Demokrat sendiri untuk menetapkan calon preside dan calon wakil presiden itu adalah akan ditetapkan oleh majelis tinggi partai Demokrat," ujar Herman di Jakarta, Jumat (7/10).

"Langsung diketuai oleh pak SBY," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Herman yakin Anies juga akan mendatangi PKS. Sebabnya, saat ini tiga partai yang terlihat intens membahas peluang koalisi untuk mengantarkan Anies sebagai calon presiden adalah NasDem, Demokrat dan PKS.

"Intensitas antara NasDem, Demokrat dan PKS itu ada prospek menjadi mengikat suatu koalisi. Apalagi dengan platform yang sama, bahwa menuju dalam perubahan dan perbaikan," ujarnya.

Meski sudah ada kesamaan, menurut Herman, koalisi yang mengusung Anies hanya tinggal menunggu tiga pimpinan partai ini bertemu. Hanya butuh mencari kesepakatan bersama untuk melakukan deklarasi koalisi.

"Tinggal bagaimana mematangkan ini dan itu sangat tergantung kepada para pimpinan partai. Kalau pimpinan partai kemudian segera ada kesepakatan ya bisa diwujudkan segera koalisi dan tentu bagaimana cara penetapan capres dan cawapres," ujar Herman.

Baca juga:
Pengakuan Anies Tolak Dua Permintaan Jadi Calon Presiden di 2019, Ini Alasannya
Keakraban Anies Baswedan Temui AHY di Markas Demokrat
Semringah Anies Baswedan Diteriaki Presiden di Kampung Gembira Gembrong
Demokrat Menagih Janji Anies Baswedan, Apa Itu?
AHY: Setelah Pilgub DKI, Hubungan dengan Anies Baswedan Justru Semakin Dekat
Di Hadapan Anies, AHY Perkenalkan Relawan Pendukung 'Anies-AHY'
Anies usai Bertemu AHY: Insya Allah Demokrat, NasDem, dan PKS Buat Aliran Baru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini