Anggota DPR tak boleh merahasiakan informasi publik

Selasa, 14 Februari 2012 12:09 Reporter :
Anggota DPR tak boleh merahasiakan informasi publik

Merdeka.com - Tata tertib peliputan pers pada kegiatan DPR akan diperketat, seperti cara berpenampilan, kartu identitas pers, hingga teknis wawancara anggota dewan. Anggota Komisi III DPR Eva Kusuma Sundari menyatakan setuju dengan peraturan baru tersebut.

"Dibuat peraturan itu bagus, agar tertib. Tapi peraturan yang baik itu mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak dengan mengindahkan UU yang ada," kata Eva ketika dihubungi merdeka.com, Selasa (14/2).

Mengenai komentar Ketua DPR Marzuki Alie yang menyatakan anggota DPR berhak diam saat ditanya wartawan, Eva menjawab setuju jika urusan itu bersifat pribadi dan hal-hal terkait kebijakan publik yang kategori rahasia seperti keamanan, pertahanan, rahasia negara dan lainnya.

Namun, lanjut Eva, jika hal yang ditanyakan adalah isu yang harus masyarakat tahu, maka wajib bagi anggota DPR untuk menjawab.

"Kalau masalah publik, ya nggak boleh dirahasiakan. Hak publik itu untuk tahu, misalkan soal kemiskinan, RKA-KL, BURT, R-APBN ya harus terbuka seluas-luasnya" tegasnya.

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DPR
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini