Amien Rais tak setuju koalisi partai Islam bikin poros tengah

Kamis, 17 April 2014 19:02 Reporter : Angga Yudha Pratomo
Amien Rais tak setuju koalisi partai Islam bikin poros tengah Amien Rais. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menghadiri acara Forum Koalisi Politik Islam. Menurutnya, acara ini bukan untuk membuat koalisi partai Islam membuat poros tengah.

"Saya diminta datang, saya sudah mengusulkan poros tengah nggak usah dipake lagi, agak sempit, konteksnya sudah lepas, satu dekade lalu, saya usulkan sebuah istilah merangkul seluruh anak bangsa, koalisi Indonesia Raya," kata Amin di bilangan Cikini, Jakarta, Kamis (17/4).

Dia menjelaskan, bahwa acara ini juga untuk merangkul kaum nasionalis. Bahkan seluruh agama di Indonesia.

"Indonesia Raya ini jangan hanya poros tengah yang terlalu hijau, rangkul nasionalis, Kristiani, Hindu, Budha Konghucu, bagian besar nasionalis, disatukan dalam indonesia raya," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Koalisi Umat Islam, Bachtiar Natsir menjelaskan bahwa acara ini sebelumnya sudah dibicarakan di Majelis Ulama Indonesia (MUI). Bahkan, sosok Jusuf Kalla juga hadir dalam acara itu.

"Dalam pertemuan di MUI yang dihadiri oleh JK, ada desakan bahwa adanya keinginan untuk mendapat memilih capres dan cawapres pilihan umat," ungkapnya

Bahkan, katanya, beberapa daerah juga sudah minta untuk melakukan hal ini.

"Sehingga kita terus menampung dan dari daerah juga mendesak kepada MUI untuk mengumpulkan para tokoh Islam memilih capres dan cawapresnya," tegasnya. [ian]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini