Amien Rais Puji Jokowi Mudeng Demokrasi, Ini Kata Bara Hasibuan

Selasa, 16 Juli 2019 12:32 Reporter : Ahda Bayhaqi
Amien Rais Puji Jokowi Mudeng Demokrasi, Ini Kata Bara Hasibuan Amien Rais. ©2019 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan mengapresiasi sikap Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Amien memuji Presiden Joko Widodo dan menyatakan siap mengawasi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf lima tahun ke depan.

Bara menilai sikap tersebut memang harus ditunjukkan sebagai pihak yang kalah.

"Ya harus kita hargailah. Memang harus begitu kan, pihak yang kalah memberikan kesempatan pihak yang menang," kata Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/7).

Bara menilai, pernyataan Amien Rais mengakui kemenangan Jokowi-Ma'ruf diperlukan. Supaya menenangkan situasi politik pascapemilu. Menurutnya hal itu membuat demokrasi menjadi dewasa.

"Sikap tersebut memang harus ditunjukkan oleh semua pihak. Ikut membantu menenangkan situasi," kata dia.

Menurut Bara, sikap seorang negarawan harus bisa memberikan kesempatan apapun posisi partai yang akan diputuskan nanti.

"Jadi memang seharusnya kalau seorang negarawan itu ya memberikan kesempatan dengan apapun posisi yang diambil, itu memang seharusnya begitu dalam sebuah demokrasi," ucapnya.

Bara mengatakan, PAN baru akan menentukan sikap saat Rakernas. Keputusan akan diambil oleh Ketua Umum bersama pengurus daerah. Dalam mengambil keputusan itu, kata dia, mempertimbangkan saran-saran termasuk Amien Rais selaku Ketua Dewan Kehormatan, yang meminta PAN sebagai oposisi.

"Tentu saran advice siapapun berbagai pihak kami terima dan kami pertimbangkan. Keputusan apa yang terbaik bagi pan akan diambil DPP bersama pengurus daerah melalui forum Rakernas," ucapnya.

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menilai, Jokowi memahami betul sistem dan prinsip berdemokrasi. "Pak Jokowi itu mudeng demokrasi," ucap Amien di kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (15/7).

Amien Rais justru menyindir ada pihak yang meminta kursi ke Jokowi. Padahal tidak ditawari. Namun Amien tak menyebut sosok tersebut. "Yang lucu, enggak ditawarin Pak Jokowi tapi ada yang minta-minta. Itu kan aib. Jadi geer," jelas Amien.

Karena itu, Amien Rais berharap PAN konsisten menjaga sikap politiknya untuk tetap berada di luar pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. "Sama, jangan sampai bergabung," tukasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini