Amien Rais Imbau Masyarakat Foto Formulir C1 Sebagai Bukti Pemilu 2019

Rabu, 17 April 2019 12:02 Reporter : Purnomo Edi
Amien Rais Imbau Masyarakat Foto Formulir C1 Sebagai Bukti Pemilu 2019 Amien Rais. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Amien Rais mengajak masyarakat agar mengantisipasi terjadinya kecurangan Pemilu 2019. Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat untuk memfoto formulir C1 yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Amien Rais menyebut dengan memfoto formulir C1 seandainya terjadi perbedaan hitungan maka bisa dilakukan pengecekan ulang. Dia mengatakan, jika hulu dari Pemilu 2019 berada di TPS-TPS.

"Saya melihat ini pemilu yang mudah-mudahan adil, transparan. Imbauan saya untuk semua anak bangsa itu begitu selesai nanti C1 diamankan lewat HP-nya. Kalau sudah aman C1 plano itu, andaikata nanti ada geseh atau kecurangan atau tidak sama, tinggal cek kembali karena hulunya kan TPS," katanya di TPS 123, Rabu (17/4).

Dia mengungkapkan dengan amannya suara di hulu maka akan lebih mudah untuk mengecek jika terjadi kecurangan di Pemilu 2019. Dengan amannya suara di hulu maka suara di hilir yang berada di KPU Nasional pun akan aman pula.

"Hilir paling akhir KPU nasional nanti. Kalau hulunya itu aman, ya sudah itu perhitungan kecamatan berdasarkan pengumpulan suara di kecamatan dan desa. Kabupaten kota berdasarkan kumpulan di kecamatan. Provinsi berdasarkan kumpulan dari kabupaten dan kota. Nasional kumpulan semua provinsi," ujar mantan Ketua MPR ini.

Amien Rais mengatakan dirinya berprasangka baik jika penyelenggaraan pemilu di Indonesia terbebas dari kecurangan. Meskipun demikian Amien Rais menyebut jika pemilu di luar negeri patut menjadi perhatian.

"Mudah-mudahan yang kita khawatirkan, sampai terjadi kecurangan mudah-mudahan tidak ada. Walaupun yang di luar negeri karena jauh dari Indonesia jangan sampai lupa gitu ya," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini